Seberapa Akurat Tes Kepribadian dalam Menentukan Karier Pelamar?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Halo Tim Jobplanet. Aku fresh graduate yang sudah 5 bulan mencari kerja, tapi belum ada satupun yang diterima. Aku sudah perbarui cover letter dan CV, dan menurut hasil tes kepribadianku, aku disarankan untuk bekerja di bidang QC/QA atau admin (berhubungan dengan ketelitian, detail, tepat, sistematis).

Menurut Jobplanet, apa itu artinya aku hanya cocok bekerja di bidang itu saja? Memangnya seberapa akurat tes kepribadian dalam menentukan karier pelamar?

 

Jawaban:

Sayang Anda tidak menyebutkan latar belakang pendidikan terakhir Anda, dan hanya menyebutkan bahwa hasil tes kepribadian merekomendasikan Anda untuk bekerja di bidang QC/QA atau admin, dengan mempertimbangkan bahwa Anda memiliki kualitas tinggi dalam hal ketelitian, detail, ketepatan, serta sistematis.

Satu hal yang harus dipahami adalah, hasil tes kepribadian, psikotes, character assessment, atau apapun namanya, hanya akan memberikan panduan secara umum dalam menemukan karier ideal yang sesuai dengan preferensi kepribadian dan bakat alami seseorang, tanpa terlalu memperhatikan latar belakang pendidikan Anda.

Bagaimanapun juga, tetap ada kemungkinan bahwa alternatif profesi yang disebutkan dalam hasil tes kepribadian tersebut hanya merupakan gambaran umum saja, dan bukan merupakan panduan baku yang wajib diikuti.

Yang paling penting sebetulnya adalah memahami hasil tes kepribadian tersebut secara utuh, dan menjadikannya sebagai referensi dalam menemukan profesi yang bisa mengoptimalkan segala kelebihan yang Anda miliki. Akan lebih ideal lagi jika profesi yang pada akhirnya Anda pilih tersebut juga sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda.

Kenali kekurangan dan kelebihan diri Anda berbekal hasil tes kepribadian Anda, lakukan pemetaan alternatif profesi yang bisa dijajaki, dan susun strategi yang lebih terencana dalam mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk profesi yang Anda inginkan.

Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama, Anda segera bisa mendapatkan pekerjaan sesuai harapan.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments