Lima Profesi yang Cocok bagi Pecinta Traveling

Lima Profesi yang Cocok bagi Pecinta Traveling

Bagi Anda yang berjiwa traveler, rutinitas bekerja di dalam ruangan serta duduk di depan komputer seharian rasanya pasti sangat membosankan. Untuk menghilangkan penat karena aktivitas yang monoton, bepergian ke tempat-tempat baru mungkin menjadi hiburan andalan Anda. Sayangnya, traveling bukanlah hobi yang murah. Anda harus mengeluarkan biaya yang terkadang tak sedikit. Belum lagi untuk berpergian jauh, Anda harus menggunakan jatah cuti tahunan yang jumlahnya terbatas.

Jika Anda punya permasalahan seperti di atas, Anda bisa mempertimbangkan beberapa profesi yang sejalan dengan hobi Anda. Jika bisa menjalani hobi sebagai pekerjaan, mengapa tidak dilakukan? Berikut ini lima jenis pekerjaan yang cocok bagi Anda, pecinta traveling:

  1. Travel Blogger atau Vlogger

Di era digital, banyak sekali orang yang menjadikan blogger atau vlogger (video blogger) sebagai profesi utama mereka. Untuk menjadi blogger atau vlogger, dibutuhkan kemampuan menciptakan konten yang tak hanya kreatif dan informatif, tapi juga memiliki gaya penyampaian yang menghibur, sehingga banyak orang akan tertarik dengan pengalaman traveling yang Anda bagikan.

Semakin Anda terkenal, akan semakin besar pula pengaruh yang bisa Anda berikan kepada para audiens yang membaca blog atau menikmati konten-konten video Anda. Bisa jadi, lama-kelamaan audiens tersebut berubah menjadi fans setia yang selalu mengikuti cerita-cerita terbaru Anda di dunia maya. Semakin banyak jumlah pengunjung blog atau penonton video Anda, akan semakin tinggi pula penghasilan yang Anda peroleh dari konten yang Anda ciptakan.

  1. Fotografer

Jika ditekuni dengan serius hingga ke level profesional, menjadi fotografer bukan lagi sekadar hobi, tapi juga bisa membawa Anda ke berbagai tempat. Jika hasil foto yang Anda ambil berkualitas dan memiliki nilai seni, kesempatan Anda untuk menjadi terkenal lewat foto-foto jepretan Anda, dan bekerja sama dengan orang-orang atau berbagai brand ternama bisa terbuka lebar. Selain bisa menghasilkan uang, pekerjaan ini juga bisa memberi Anda pengalaman traveling  yang menyenangkan.

Contohnya saja menjadi fotografer pre-wedding. Pengambilan foto pre-wedding biasanya dilakukan di berbagai lokasi yang indah, bahkan hingga ke luar negeri. Jika Anda rajin mempublikasikan hasil-hasil foto perjalanan Anda di media sosial, bukan tak mungkin Anda dirangkul oleh brand hotel, agen perjalanan, atau maskapai penerbangan dengan honor berupa tiket perjalanan gratis dan akomodasi.

  1. Jurnalis

Bagi Anda yang memiliki hobi traveling sekaligus tertarik dengan dunia jurnalistik, maka pekerjaan sebagai jurnalis adalah pilihan yang tepat. Untuk mendapatkan berita yang eksklusif, Anda diharuskan terjun ke lapangan untuk mencari informasi terkini untuk dikemas menjadi berita yang akan ditayangkan di surat kabar, majalah, situs berita online, ataupun televisi. Untuk meliput suatu berita, Anda bisa saja ditugaskan untuk berpergian ke berbagai tempat di Indonesia, bahkan ke luar negeri.

  1. Relawan

Menjadi relawan di sebuah lembaga sosial atau NGO (Non-Governmental Organization) dapat menjadi pilihan bagi Anda yang berjiwa sosial tinggi. Dalam menjalankan program-programnya, biasanya para relawan NGO akan dikirim ke tempat-tempat yang membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Kalau sudah mendengar kata relawan, Anda mungkin langsung membayangkan pekerjaan yang tak berbayar. Padahal, sebenarnya NGO juga membuka posisi-posisi yang menghasilkan uang, yang memungkinkan Anda melakukan pekerjaan yang mulia dengan misi membantu sesama sekaligus menyalurkan hobi menjelajahi tempat-tempat baru. Dijamin, kepuasannya pasti berlipat!

  1. Pemandu Wisata

Bekerja di industri pariwisata—khususnya sebagai tour guide alias pemandu wisata—merupakan pekerjaan yang paling cocok bagi pecinta traveling. Sebagai pemandu wisata, Anda bisa mendampingi klien mengunjungi berbagai destinasi wisata di dalam dan luar negeri.

Tentunya untuk menjadi pemandu wisata, ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi. Di antaranya, Anda harus menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris, mempunyai stamina yang baik, dan memiliki wawasan yang luas. Jika Anda sudah memiliki banyak pengalaman, Anda juga bisa mendirikan bisnis travel agent milik Anda sendiri, lho!

Nah, setelah mengetahui kelima profesi di atas, apakah Anda jadi tertarik untuk menjalani salah satunya? Jika Anda penasaran dengan peluang karier di perusahaan untuk bidang-bidang pekerjaan tersebut, Anda bisa melihat informasi mengenai review perusahaan, kisaran gaji, dan kisi-kisi wawancara di Jobplanet. Semoga sukses!

Comments

comments