Kalender 2018 Indonesia Lengkap Dengan Hari Libur dan Cuti Bersama

Kalender 2018 Indonesia saat ini sudah dapat diunduh secara gratis di blog Jobplanet Indonesia. Seperti biasanya, kalender 2018 ini juga telah dilengkapi dengan hari-hari libur nasional dan jadwal cuti bersama yang sesuai dengan keputusan resmi Pemerintah Republik Indonesia.

Mengapa perlu memiliki kalender 2018 Jobplanet ?

Kalender 2018 versi Jobplanet selain sudah dilengkapi dengan hari libur dan cuti bersama, juga disisipi dengan tips serta quote yang berguna bagi karir kamu sepanjang tahun 2018. Hal ini juga akan membantu kamu dalam mencapai target dan membuat kamu lebih produktif dalam menyongsong berbagai kemungkinan positif yang akan terjadi sepanjang tahun 2018. Download kalendar 2018 di sini!

Rencanakan Sekarang, Wujudkan di Tahun 2018!

Sudah punya rencana apa untuk kegemilanganmu di tahun depan? Jika belum, maka sekarang-lah saatnya untuk menyusun berbagai rencana dan hal-hal positif yang akan dilakukan pada tahun berikutnya. Mulai dari pengembangan diri, karir, bisnis, asmara hingga berlibur. Rencanakan sekarang, download kalender 2018 dan pilih tanggalnya.

download kalender 2018

5 Harpitnas di Tahun 2018

Istilah hari kejepit nasional (harpitnas) pasti sudah tidak asing lagi bukan? Ya, ketika hari libur mengapit 1 hari kerja, saat itulah kita merayakan hari kejepit nasional. Bagi sebagian orang harpitnas adalah satu moment yang menjengkelkan. Tapi jangan salah, ada juga sebagian orang yang malah senang saat harpitnas. Sebabnya adalah pada hari tersebut biasanya angka kemacetan akan berkurang signifikan dan bagi pengguna transportasi umum juga akan merasakan sedikit lapang dibandingkan hari-hari biasa sehingga berangkat kerja akan lebih nyaman dan lebih cepat.
Pemerintah Indonesia telah merilis jadwal cuti dan libur bersama tahun 2018 melalui Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 707 Tahun 2017, Nomor 256 Tahun 2017, Nomor:01/Skb/Menpan-Rb/09/2017 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018.
Jumlah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama pada tahun 2018 adalah sebanyak 21 hari, dengan rincian Hari Libur Nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama sebanyak 5 hari untuk Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dan Hari Raya Natal. Berikut adalah daftar 5 harpitnas tahun 2018 :
Hari Tanggal Nama hari Besar
Selasa 1 Mei Hari Buruh Internasional
Selasa 29 Mei Hari Raya Waisak 2562
Selasa 11 September Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah
Selasa 20 November Maulid Nabi Muhammad SAW
Kamis 10 Mei Kenaikan Isa Al Masih

 

Jobplanet juga telah merangkum hari-hari libur tersebut dalam sebuah infografis yang dapat kamu download di sini dengan rincian sebagai berikut :

Januari

Tanggal 1 Januari 2018 akan jatuh pada hari Senin, ini adalah long weekend pertama di tahun baru. Moment yang sangat ‘pas’ untuk mempersiapkan liburan bersama pasangan, sahabat atau keluarga.  Ayo berburu tiket dan cari tempat liburan terbaik kamu di awal tahun 2018. Ada satu lagi yang perlu kamu tahu bahwa tanggal 10 Januari adalah Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Gerakan Satu Juta Pohon. Kamu bisa berpartisipasi dengan cara menanam pohon, atau dapat juga dengan menyiram tanaman serta menjalani hidup dengan hemat energi.

Februari

Selanjutnya tanggal 16 Februari adalah hari libur Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari Jumat. Long weekend ini juga dapat kamu manfaatkan untuk traveling, memanjakan diri atau sekedar bersantai bersama keluarga tercinta. Manfaatkan waktu libur panjang seperti ini dengan baik agar kondisi fisik dan fikiran benar-benar kembali segar saat melanjutkan aktifitas di hari-hari selanjutnya. Berikutnya tanggal 14 Februari yang merupakan momen spesial bagi para pasangan akan jatuh pada hari Selasa, persiapkan segala sesuatunya ya. Selain itu, tanggal 28 Februari adalah Hari Gizi Nasional, lho! Kamu bisa manfaatkan momentum ini untuk berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Maret

Hari Raya Nyepi tanggal 17 Maret 2018 akan jatuh pada hari Sabtu. Tapi tenang, kamu masih bisa menikmati kembali long weekend di akhir bulan karena pada hari Jumat tanggal 30 Maret adalah tanggal merah Wafatnya Isa Al Masih. Selain itu, pada tanggal 30 Maret terdapat peringatan Hari Film Nasional. Mari sama-sama kita dukung film nasional dengan cara menonton film-film karya anak bangsa dan hindari bajakan!.

April

Setelah sebelumnya Hari Raya Nyepi jatuh di hari Sabtu, kini Hari raya Paskah tanggal 1 April 2018 kembali jatuh di akhir pekan yaitu hari Minggu. Begitu pula dengan Peringatan Isra’ Mi’raj yang jatuh pada hari Sabtu. Dengan demikian meskipun ada terdapat 2 tanggal merah di bulan April, namun jumlah hari kerjanya akan tetap sama. Tetap semangat ya! Dan masih ada satu peringatan unik di bulan ini, yaitu kamu wajib mengajak rekan-rekan kerja kamu membawa bekal dari rumah pada Hari Bawa Bekal Nasional, 12 April.

Mei

Hari Buruh pada tanggal 1 Mei akan jatuh pada hari Selasa. Di sinilah kamu akan menemukan harpitnas di hari Senin. Silakan putuskan sendiri apakah kamu akan mengambil cuti atau tidak. menambah libur akhir pekan Anda! Selain itu ada dua hari kejepit lain di bulan ini karena terdapat dua tanggal merah di hari Kamis, yaitu pada Hari Kenaikan Isa Al Masih tanggal 10 Mei dan Hari Raya Waisak tanggal 29 Mei. Planeters, pastikan Anda menyediakan quality time untuk keluarga Anda pada Hari Keluarga tanggal 29 Mei, ya!

Juni

Bulan kelahiran Pancasila! Ya, pada Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni yang juga jatuh pada bulan Ramadan ini ada baiknya Anda menguji ingatan Anda tentang Pancasila. Tidak kalah pentingnya, Lebaran tiba! Saatnya memanfaatkan hari libur dan cuti bersama mulai 13 – 19 Juni ini untuk bersilahturahmi dengan sanak saudara. Untuk yang  tidak merayakan, long trip dengan keluarga atau teman bisa jadi pilihan yang menggiurkan.

Juli

Tidak ada tanggal merah? Jangan sedih dulu! Anda tetap bisa memberi makna pada bulan ini dengan merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari Minggu, 23 Juli. Ajak rekan-rekan Anda menyelenggarakan bakti sosial kecil-kecilan di panti asuhan atau komunitas anak jalanan. Dijamin bulan Juli Anda terasa semakin indah dan berwarna.

Agustus

Mari rayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia! Ayo pasang Sang Bendera Merah Putih di rumah Anda! Hirup semangat kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus ini. Selenggarakan perayaan 17an di kantor, rumah dan lingkungan manapun kamu berada. Dan jangan lupa untukk menyisihkan sedikit anggaran untuk membeli hewan Qurban karena tanggal 22 Agustus akan merayakan Hari Raya Idul Adha.

September

Tahun Baru Islam jatuh pada hari Selasa tanggal 11 September 2018. Dengan demikian, 10 September adalah hari kejepit nasional. Sebaiknya kamu bijak mengelola cuti dan juga pengeluaran ya. Jangan sampai cuti dana dan cuti kamu habis pada saat kamu membutuhkannya. Menutup September, Anda bisa menonton film-film maupun membaca ulang sejarah Gerakan 30 September untuk mengingatkan Anda tentang pentingnya hidup toleransi.

Oktober

Jangan lupa kenakan batik pada Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober! Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda bisa mengingatkan diri Anda untuk lebih menyediakan waktu untuk mereka pada Hari Hewan Sedunia 4 Oktober dan Hari Hak Asasi Binatang 15 Oktober. Tidak lupa, Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober tidak boleh Anda lewatkan tanpa makna. Bangkitkan rasa nasionalisme Anda dengan mengenang sejarah Sumpah Pemuda.

November

Jika di bulan Oktober tidak ada hari libur, maka Oktober, ada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari Selasa 20 November 2018. Silakan bagi kamu yang ingin mengambil cuti di hari Senin 19 November. Tapi jangan lupa untuk tetap memanfaatkan waktu dengan baik. Di bulan ini juga jangan lupa untuk mengenang jasa para pahlawan, yakni pada Hari Pahlawan 10 November dan Hari Guru 25 November. Yang paling penting, siapkah kejutan penuh kasih untuk ayah pada Hari Ayah Nasional tanggal 12 November, ya!

Desember

Tahun 2018 akan segera berakhir. Dan kamu wajib untuk mempersiapkan waktu dan hadiah yang terbaik untuk Hari Ibu tanggal 22 Desember. Oh ya, jangan lupa dekorasi kantor maupun rumah Anda supaya suasana kebahagiaan Natal yang dirayakan dengan long weekend 22-25 Desember semakin terpancar, ya!

Sekian hari libur dan hari penting lainnya yang bisa membuat tahun 2018 Anda jauh lebih bermakna dari tahun-tahun sebelumnya. Yuk, download kalender 2018 gratis dari Jobplanet di sini.

DOWNLOAD KALENDER DI SINI

 

 

Summary
Kalender 2018 Indonesia Lengkap Dengan Hari Libur dan Cuti Bersama
Article Name
Kalender 2018 Indonesia Lengkap Dengan Hari Libur dan Cuti Bersama
Description
Download Kalender 2018 yang sudah dilengkapi agenda libur nasional dan cuti bersama yang sesuai dengan keputusan pemerintah. Download gratis kalender 2018 sekarang!
Author
Publisher Name
Jobplanet Indonesia
Publisher Logo

Comments

comments