4 Tips Menemukan Passion dalam Pekerjaan

4 Tips Menemukan Passion dalam Pekerjaan

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Kata “passion” memang cukup sering didengungkan di kalangan profesional. Banyak yang mengatakan bahwa pekerjaan terbaik haruslah sesuai dengan passion. Sayangnya, tak sedikit orang yang meski sudah lama menjalani suatu profesi, tapi masih sering merasa goyah dengan pilihannya. Mereka dihadapkan pada dilema antara karier dan passion. Padahal, dengan adanya passion, pekerjaan apapun pasti akan dijalani dengan sepenuh hati dan hasilnya pun lebih maksimal.

Mengetahui passion merupakan hal yang penting dalam berkarier. Namun, itu bukanlah suatu perkara mudah. Nah, jika Anda salah seorang yang masih belum menemukan passion dalam pekerjaan, coba ikuti keempat tips berikut ini:

  1. Tanyakan pada diri sendiri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri. Hal apa yang membuat Anda bersemangat? Pekerjaan apa yang membuat Anda penasaran? Serta mengapa Anda tertarik untuk melakukannya?

Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur, karena jawabannya akan menggambarkan keinginan Anda yang sebenarnya. Di samping itu, ada baiknya juga Anda membuat daftar hal yang menjadi keahlian Anda. Memahami kemampuan diri sendiri akan membantu Anda untuk menemukan passion.

  1. Temukan apa yang disukai

Setiap orang pasti memiliki ketertarikan terhadap suatu hal. Ada yang menyukai teknologi, ada yang senang bertemu orang baru, ada yang gemar menulis, dan masih banyak lagi. Nah, cobalah Anda buat daftar berisi 10 hal yang menarik bagi Anda, lalu pilihlah mana di antaranya yang paling Anda sukai. Pikirkan kegiatan apa yang tak pernah bosan Anda lakukan, atau topik apa yang selalu membuat Anda antusias membicarakannya.

Jika Anda berhasil menyaring daftar tersebut dan menemukan satu atau dua hal yang paling Anda sukai, maka kemungkinan itulah passion Anda. Artinya, Anda bisa mulai mencari tahu jenis pekerjaan apa yang sesuai dengan minat atau ketertarikan utama Anda, sehingga cocok untuk digeluti sebagai sebuah profesi.

  1. Jangan terpengaruh orang lain

Apapun yang Anda lakukan, orang-orang akan selalu memiliki opininya masing-masing. Entah itu berupa dukungan maupun penolakan. Ini merupakan hal yang lumrah, mengingat setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda-beda. Kendati demikian, jangan biarkan opini negatif tersebut memengaruhi keputusan Anda, karena bagaimanapun juga hanya Andalah yang akan menjalani pekerjaan yang Anda pilih.

Ketika orang lain meremehkan kegemaran Anda terhadap sesuatu hal—misalnya, di bidang seni, Anda mungkin jadi meragukan diri sendiri. Anda mulai berpikir bahwa menggambar hanyalah hobi untuk mengisi waktu luang dan bukan untuk ditekuni sebagai karier. Padahal, bisa jadi dari passion itulah kesuksesan Anda bermula.

  1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Melihat karier orang lain yang sukses mungkin membuat Anda tergiur. Anda lantas memaksakan diri melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak Anda sukai. Misalnya, mengikuti jejak seorang teman yang berprofesi sebagai sales karena penghasilannya yang tinggi, padahal Anda tidak suka dengan pekerjaannya.

Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing. Jadi, jangan terpengaruh oleh apa yang dikerjakan orang lain, yang belum tentu sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Tetaplah fokus pada diri sendiri, karena dengan begitu akan memudahkan Anda menemukan passion yang sesungguhnya.

Bekerja tidak sesuai passion memang tidak sepenuhnya buruk. Namun, kalau memang bisa mengerjakan sesuatu yang dicintai dengan hasil yang lebih maksimal, kenapa tidak? Nah, untuk mendukung keputusan Anda untuk bekerja sesuai dengan passion, Anda bisa melakukan riset terhadap profesi dan perusahaan-perusahaan yang Anda minati dengan melihat review para karyawannya di Jobplanet!

Semoga sukses!

Comments

comments