Untung dan Rugi Bekerja Tidak Sesuai Passion

untung dan rugi bekerja tidak sesuai passion

Ada yang bilang bekerja itu sebaiknya sesuai passion, karena tak akan ada rasa terpaksa, bekerja selalu semangat, dan hasilnya pun lebih maksimal. Sayangnya, tak semua orang berada di kondisi yang memungkin dia untuk bekerja mengikuti passion-nya.

Walaupun tak mudah dijalani, namun bekerja tidak sesuai dengan passion juga bisa memberikan keuntungan. Berikut ini di antaranya:

  • Eksplorasi diri

Hal ini terutama ditujukan bagi Anda yang baru mulai meniti karier. Karena tidak berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai minat, jangan lantas Anda melihatnya sebagai persoalan besar. Justru inilah kesempatan Anda untuk mengeksplorasi diri. Siapa tahu pekerjaan tersebut adalah passion Anda yang sesungguhnya.

Jangan lupa bahwa orang-orang yang berhasil tidak hanya bekerja sesuai dengan passion mereka, tapi juga selalu berusaha untuk menumbuhkan passion mereka dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan.

  • Menambah ilmu dan keahlian

Bisa jadi Anda kurang antusias menjalani pekerjaan karena tidak sesuai dengan passion Anda. Tapi, jangan lupa untuk selalu melihat sisi positifnya. Bukan hanya menambah pengalaman profesional Anda, pekerjaan ini juga dapat menambah ilmu serta mengasah keahlian Anda. Jadi, lihatlah pekerjaan Anda saat ini sebagai bekal Anda untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

  • Meningkatkan kualitas diri

Keputusan untuk menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion biasanya mencerminkan pribadi seseorang yang tidak takut akan tantangan, serta berani keluar dari zona nyaman. Nah, pola pikir ini dapat secara langsung meningkatkan kualitas diri Anda, yang akan menjadi modal Anda saat mencari pekerjaan baru.

 

Meski demikian, jika Anda tidak mampu menangani situasi ini dengan baik, alih-alih mendapat keuntungan, Anda hanya bisa merasakan kerugiannya saja seperti berikut:

  • Tujuan bekerja hanya asal selesai

Kalau sudah tidak ada rasa bersemangat serta termotivasi, biasanya tidak ada pula keinginan Anda untuk memberikan hasil yang lebih. Tujuan Anda ke kantor hanya agar pekerjaan sehari-hari selesai, dan setiap bulan yang Anda tunggu cuma tanggal gajian saja.

  • Mudah bosan

Karena terpaku dengan rutinitas, Anda pun jadi mudah bosan. Anda biasanya akan kesulitan melihat sisi menyenangkan dari pekerjaan Anda. Semangat hilang, dan yang ada hanya rasa malas. Nah, jika perasaan ini tak mampu dilawan, pekerjaan Anda bisa berantakan.

  • Mudah stres

Bekerja harusnya membuat Anda bahagia dan puas, bukan stres atau tertekan. Karena kalau sudah tertekan, salah satu dampaknya adalah pada kesehatan Anda. Nah,  Anda pasti sudah tahu ketika kesehatan terganggu, maka produktivitas Anda bahkan rekan kerja bisa ikut terganggu.

Pada akhirnya, Anda lah yang memutuskan apakah ingin mencari tantangan atau mengejar passion. Yang terpenting adalah, apapun pekerjaan yang Anda pilih, selalu pertimbangkan dulu perusahaannya dengan membaca review di Jobplanet. Sekalipun Anda memiliki passion yang kuat terhadap pekerjaan yang Anda pilih, namun budaya atau lingkungan kerja yang buruk bisa memengaruhi kinerja dan hasil kerja Anda.

Comments

comments