Untuk Fresh Graduate Bergaji Pas-pasan: Ada Banyak Alasan Mengapa Anda Tak Perlu Mengeluh

fresh graduate bergaji pas-pasan

Banyak yang bilang bahwa seorang fresh graduate tidak perlu mengharapkan gaji tinggi. Cukup nomorsatukan ilmu dan pengalaman, sedangkan gaji adalah urusan belakangan. Pada umumnya, standar gaji yang ditetapkan untuk fresh graduate adalah tidak jauh dari UMR. Hanya saja, jika beruntung, Anda bisa masuk ke perusahaan yang menawarkan gaji tinggi.

Lalu, apa yang membuat fresh graduate sebaiknya tidak mengeluh jika gaji yang diterimanya pas-pasan?

Jika Anda menelusuri Jobplanet, Anda akan menemukan karyawan-karyawan dari sejumlah perusahaan dengan gaji yang tidak sesuai dengan upah minimum daerahnya. Mereka tidak menerima hak yang seharusnya mereka dapatkan, yang sebenarnya telah ditetapkan pemerintah.

Contohnya seperti yang dialami oleh seorang Customer Service Perusahaan Penerbit di Jakarta ini.

fresh graduate bergaji pas-pasan

 

Jika Anda bergaji pas-pasan, tak perlu mengeluh. Berikut hal-hal yang bisa Anda syukuri dari keadaan ini:

Dengan menerima gaji yang pas-pasan, Anda bisa belajar mengelola keuangan dengan baik. Setelah lulus kuliah dan bekerja, Anda lepas dari tanggung jawab penuh orang tua. Sekarang saatnya Anda memahami bagaimana sulitnya mereka mengatur uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, termasuk membiayai sekolah Anda. Anda pun bisa lebih menghargai kerja keras, sehingga diharapkan jadi termotivasi untuk bekerja lebih giat.

Gaji pas-pasan memaksa Anda untuk mengurangi kebiasaan boros, seperti nongkrong atau jajan yang tidak perlu. Pasalnya, kali ini bukan uang orang tua yang Anda habiskan, melainkan hasil jerih payah Anda setiap harinya. Hobi nongkrong di coffee shop langganan atau memesan fast food kesukaan juga akan semakin berkurang. Tabungan aman, hidup juga jadi lebih sehat, kan?

Meski tidak langsung menerima gaji tinggi, namun pekerjaan pertama ini adalah kesempatan Anda untuk mengumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya, sebagai modal untuk mendongkrak karier. Memulai segala sesuatu dari bawah akan membuat Anda lebih memahami perjuangannya. Jadikanlah keberuntungan dan keberhasilan orang lain sebagai penyemangat untuk mendulang hal yang sama.

Tak perlu merasa galau apalagi banyak mengeluh jika Anda berada dalam situasi ini. Pekerjaan pertama hanyalah langkah awal dari perjalanan karier Anda, karena untuk meraih kesuksesan, Anda perlu banyak belajar, berjuang, dan melalui proses yang bertahap. Sejauh mana sukses yang Anda raih, ditentukan oleh seberapa kuat ambisi dan usaha Anda.

 

gaji-startup

Comments

comments