Tips Anti Galau dengan Gaji Pas-pasan

gaji pas-pasanAnda fresh graduate dengan gaji setara UMR? Atau sudah bekerja beberapa tahun, namun pendapatan masih belum memuaskan? Jangan berkecil hati. Gaji pas-pasan bukanlah akhir dari segalanya. Anda masih bisa menghabiskan waktu di mal bersama teman-teman kok. Selain itu, bukan berarti juga Anda tidak memiliki masa depan yang cerah.

Berikut adalah tips menangani keuangan yang pas-pasan agar Anda bisa tetap bersenang-senang sekaligus sukses dalam karier.

1. Buat rancangan keuangan sederhana

Sebelum mulai mengucurkan sedikit demi sedikit gaji yang Anda dapat, buatlah perhitungan berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan secara rutin setiap bulannya. Anda bisa mulai dengan menghitung ongkos perjalanan dan makan siang, kemudian usahakan untuk mengalokasikan minimal 10% dari penghasilan untuk ditabung. Nah, nantinya akan terlihat berapa banyak uang Anda yang tersisa untuk jalan-jalan atau berbelanja.

2. Bawa bekal ke kantor

Tips yang satu ini memang jurus jitu untuk berhemat, apalagi dengan kondisi keuangan yang kurang memuaskan. Nah, supaya masih bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman kantor, Anda bisa membagi waktu dalam seminggu, misalnya dari Senin sampai Jumat Anda tentukan kapan saja saatnya makan siang di luar bersama mereka, dan kapan saatnya Anda membawa makan siang sendiri dari rumah.

3. Coret hal-hal yang tidak perlu

Anda harus lebih pintar membedakan mana saja hal-hal yang Anda butuh dan mana yang Anda inginkan. Kesampingkan hal-hal yang semata-mata hanya memenuhi keinginan Anda, padahal sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Hang out bersama teman-teman di kafe yang sedang ngetren sih boleh. Tapi Anda bisa menyiasatinya dengan makan di rumah sebelum berangkat, sehingga sewaktu di kafe Anda cukup mengeluarkan uang untuk membeli minuman.

4. Ubah mindset

Ada satu hal yang perlu Anda ingat, yaitu besaran gaji tidak selalu mencerminkan kualitas kerja seseorang. Apalagi perusahaan tertentu kebetulan memang mempunyai standar gaji yang lebih rendah dari yang lainnya. Anda bisa lihat di sini untuk tahu rata-rata gaji di tiap perusahaan.

Faktanya, tidak sedikit lho karyawan yang bertahan dengan gaji kecil, tapi mereka bekerja sesuai passion dan sangat berprestasi di kantor. Lain halnya jika Anda sadar bahwa gaji pas-pasan ini disebabkan Anda kurang aktif dan berprestasi di kantor. Kalau itu masalahnya, maka Anda sudah tahu kan harus berbuat apa?

5. Berhenti mengintip rumput tetangga

‘Rumput’ tetangga memang selalu terlihat lebih indah. Tapi memandangi ‘rumput’ mereka terus-terusan tidak akan membuat ‘rumput’ kita menjadi semakin indah. Anda mungkin kecewa mengetahui gaji teman yang lebih tinggi dari gaji Anda, padahal sepertinya dari segi pengalaman kalian tidak jauh berbeda. Namun, jangan biarkan hal itu menurunkan semangat Anda. Justru jadikanlah kondisi tersebut sebagai motivasi supaya bisa lebih berprestasi di kantor. Kalau atasan terkesan, Anda bisa mendapat promosi jabatan sekaligus kenaikan gaji, kan?

6. Pandai-pandailah melihat peluang

Berpenghasilan pas-pasan bukan berarti Anda harus diam mengasihani diri setiap hari. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba mencari kesempatan baru di luar sana. Anda pun bisa mencari usaha sampingan yang tidak akan mengganggu waktu kerja dan produktivitas di kantor. Jika Anda punya bakat di bidang desain, misalnya, Anda bisa menawarkan bantuan atau jasa Anda kepada teman-teman terdekat yang memiliki proyek desain. Siapa tahu ternyata jalan sukses Anda ada di bidang ini.

Tapiii kalau gaji yang kecil ini tidak didukung dengan faktor-faktor lain, seperti lingkungan kerja yang kondusif, karier yang menjanjikan, dan sebagainya, Anda bisa mulai mencari peluang di perusahaan lain. Namun, sebelum itu cari tahu dulu informasi tentang perusahaan tersebut serta gaji yang ditawarkan untuk posisi Anda di website ini. Harapannya agar Anda bisa mendapat penghasilan yang lebih baik, yang sesuai dengan kinerja Anda.

Semoga membantu!

Comments

comments