Jobplanet Career Talk #4: Memahami Psikotes dan Tips Menghadapinya

Sebagai salah satu tahap seleksi yang dilakukan perusahaan untuk menilai kualifikasi kandidatnya, psikotes menjadi momok atau hal yang menakutkan bagi para pencari kerja. Umumnya, psikotes dilakukan pada tahap awal seleksi atau sebelum tes wawancara. Karena merupakan salah satu penentu diterima atau tidaknya pelamar di suatu perusahaan, maka tak jarang pelamar harus menunda impiannya karena gagal dalam tahap ini.

Hal inilah yang melatarbelakangi Jobplanet untuk mengusung tema Memahami Psikotes dan Tips Menghadapinya dalam acara Jobplanet Career Talk #4. Bersama narasumber yang ahli di bidangnya, acara ini diadakan pada Kamis, 28 September 2017 di kantor Jobplanet di bilangan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta yang berasal dari berbagai latar belakang.

Seperti acara Jobplanet Career Talk sebelumnya, acara kali ini dibuka secara singkat oleh moderator, dilanjutkan dengan pengenalan Jobplanet oleh Kemas Antonius selaku Chief Product Officer sekaligus Country Manager Jobplanet Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Pak Kemas memberikan penjelasan secara langsung kepada peserta mengenai peran Jobplanet sebagai one-stop portal bagi para pencari kerja, yang menyediakan berbagai informasi seputar dunia kerja, seperti informasi lowongan kerja, review perusahaan, informasi gaji, kisi-kisi wawancara, serta forum diskusi karier dan dunia kerja.

Mas Haryo menjelaskan mengenai psikotes dan tips menghadapinya

Selanjutnya, Founder Headhunter Indonesia, Haryo Suryosumarto atau biasa disapa Mas Haryo, mengisi sesi utama dari acara Jobplanet Career Talk #4 dengan memaparkan materi yang menarik seputar psikotes. Dalam presentasinya, Mas Haryo memberikan ulasan mengenai apa itu psikotes, hal-hal apa saja yang diukur dalam psikotes, tujuan diadakannya psikotes, metode yang digunakan, serta jenis-jenis psikotes.

Menurut Mas Haryo, secara umum psikotes sebenarnya terbagi menjadi dua, yakni aptitude test dan personality test. Dia juga menyampaikan bahwa setiap perusahaan memiliki metode penilaian psikotes yang berbeda-beda. Ada yang menilai menggunakan standar minimum passing grade tertentu, ada pula yang menggunakan comparative standard grade.

Selain membagikan pengetahuan dasar tentang psikotes, Mas Haryo juga memberikan contoh laporan aptitude test, serta mengajak para peserta yang hadir untuk melakukan tes RIASEC. Tujuannya agar peserta dapat mengetahui minat dan kecenderungan kepribadian mereka; apakah masuk dalam kategori Realistic, Investigative, Artistic, Social, Entreprising, atau Conventional.

Setelah semua peserta melakukan tes RIASEC, Mas Haryo mengajarkan dan mengajak mereka untuk menghitung poin yang mereka peroleh pada masing-masing kategori dalam tes tersebut. Dengan begitu, para peserta dapat mengetahui apakah latar belakang pendidikan atau pekerjaan mereka saat ini sudah sesuai dengan kepribadian mereka atau tidak.

Jobplanet Career Talk #4: Memahami Psikotes dan Tips Menghadapinya

Mas Haryo dan peserta berdiskusi mengenai the RIASEC test

Dalam Jobplanet Career Talk #4, Mas Haryo juga memberikan tips kepada peserta bagaimana menaklukkan psikotes pada seleksi masuk perusahaan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Pelajari variasi soal psikotes hanya untuk sekadar tahu cara menjawabnya, dan bukan untuk mengakali jawaban.
  2. Persiapkan peralatan tulis sebelum tes dimulai.
  3. Persiapkan mental sebelum menghadapi psikotes. Usahakan agar pikiran senantiasa rileks dan mood
  4. Cek lokasi penyelenggaraan psikotes, setidaknya sehari sebelumnya. Jangan sampai Anda telat karena tersasar atau terjebak macet karena sebelumnya tidak memprediksi jarak dan waktu tempuh.
  5. Jangan membiarkan kecemasan atau kepanikan muncul ketika sudah berada dalam ruangan penyelenggaraan psikotes.
  6. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi agar tetap fokus.
  7. Selalu percaya diri serta optimistis meskipun menghadapi serangkaian soal yang sulit untuk dijawab dengan pasti.
  8. Atur waktu dalam mengerjakan soal psikotes sebaik mungkin.

 

Hal yang selalu disinggung oleh Mas Haryo dalam Jobplanet Career Talk kali ini adalah, bahwa dalam mengerjakan psikotes Anda harus jujur dan konsisten pada diri sendiri. Seperti yang telah disebutkan dalam tips nomor satu, Anda dianjurkan untuk mempelajari soal-soal psikotes untuk sekadar tahu cara menjawabnya. Jika Anda mengakali jawaban psikotes, maka Anda mungkin saja diterima oleh perusahaan yang Anda lamar, tapi bisa jadi Anda tak akan bertahan lama karena pekerjaan tersebut tidak cocok dengan kepribadian Anda.

Tips Agar Bekerja Tetap Produktif di Musim Hujan

Foto bersama dengan peserta Jobplanet Career Talk #4

Nah, jika Anda melewatkan acara Jobplanet Career Talk #4, tak perlu khawatir! Anda bisa mengirimkan pertanyaan seputar karier dan dunia kerja melalui email ke [email protected]. Simak pula berbagai tips di blog Jobplanet serta jawaban untuk berbagai masalah karier dari Mas Haryo di rubrik Ask the Expert.

Simak terus update terbaru di website dan seluruh media sosial Jobplanet, serta nantikan informasi acara-acara berikutnya.

Facebook           : Jobplanet Indonesia

Twitter                : @JobplanetID

Instagram          : @jobplanet.indonesia

LinkedIn             : Jobplanet Indonesia

Forum                 : Forum Jobplanet

Comments

comments