Haruskah Menghindari Perusahaan yang Melarang Karyawan Berhijab?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum… Saya ingin bertanya tentang pakaian di tempat kerja. Apakah benar bahwa di sejumlah perusahaan jilbab menjadi salah satu pertimbangan ketika merekrut karyawan perempuan?

Haruskah saya menghindari perusahaan yang punya “larangan tidak tertulis” untuk perempuan yang mengenakan jilbab? Kira-kira perusahaan apa saja yang menerima perempuan yang mengenakan jilbab?

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wr wb.

Meskipun jumlahnya amat sangat sedikit, tapi saya akui memang ada perusahaan yang menghindari untuk mempekerjakan karyawati berhijab, dengan berbagai alasan khusus yang tidak bisa mereka sampaikan secara terbuka kepada para kandidat berhijab yang melamar ke perusahaan tersebut.

Namun, sekali lagi saya tekankan bahwa perusahaan yang memiliki kebijakan demikian jumlahnya amat sangat sedikit apabila dibandingkan dengan perusahaan di luar sana yang terbuka untuk mempekerjakan karyawati berhijab untuk berbagai jenis fungsi kerja, sekalipun untuk jenis profesi yang banyak bekerja di lapangan—dengan sedikit modifikasi busana guna menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Prinsipnya adalah, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal seperti ini, karena bila Anda perhatikan para karyawati yang lalu-lalang di pusat-pusat bisnis di kota manapun di Indonesia dengan saksama, Anda pasti akan selalu menemukan banyak karyawati berhijab.

Anda bisa mengunjungi situs Jobplanet untuk menemukan perusahaan idaman yang bisa mengakomodasi gaya berbusana Anda sebagai pengguna hijab. Semoga sukses.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments