Dilanda Jenuh di Tempat Kerja? Coba Atasi dengan Cara Ini

jenuh di tempat kerja

Bagi Anda yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, tentu ada kalanya rasa jenuh akan rutinitas pekerjaan melanda. Jika itu terjadi, Anda pasti sulit bekerja secara optimal. Meski demikian, kejenuhan ini tak selalu berarti Anda harus segera mencari pekerjaan baru. Ada baiknya Anda mencoba mengatasi dulu rasa jenuh tersebut dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Ubah alur pekerjaan

Jika Anda sudah mulai nyaman dan terbiasa dengan suatu alur pekerjaan, coba cari cara baru yang berbeda. Siapa tahu dengan begitu bukan hanya rasa jenuh Anda jadi hilang, tapi Anda pun menemukan cara bekerja yang lebih efektif.

2. Mencari tantangan baru

Bersikaplah proaktif untuk mencari tantangan baru. Anda bisa mengajukan pada atasan untuk diberikan tanggung jawab atau tugas-tugas yang lebih menantang. Dengan begitu, bisa dipastikan Anda akan terhindar dari kejenuhan dan potensi diri pun jadi lebih maksimal.

3. Mempelajari keahlian baru

Tantangan juga bisa didapatkan dengan mempelajari keahlian baru. Bisa dengan menghadiri workshop atau mengikuti kursus-kursus. Saat ini sudah sangat banyak kursus online yang bisa diikuti secara gratis. Nah, saat mencari pekerjaan baru, keahlian ini akan membuat CV Anda lebih menonjol dari pelamar lain.

 4. Menikmati hiburan di sela-sela pekerjaan

Tak ada salahnya memanfaatkan waktu senggang atau jam istirahat dengan menikmati hiburan, seperti menonton video di Youtube atau membaca novel. Namun, Anda harus kenali batasan-batasan serta peraturan yang berlaku di perusahaan. Jangan keasyikan hingga melupakan pekerjaan Anda. Tentunya Anda tak ingin ditegur oleh atasan, apalagi sampai mendapat peringatan keras karena kebiasaan Anda yang kelewat batas, bukan?

5. Rencanakan cuti berlibur

Saat semangat bekerja mulai surut, bisa jadi ini saatnya Anda melepaskan penat dengan pergi berlibur. Liburan ini tak perlu berlangsung lama dan ke lokasi yang terlalu jauh. Terkadang sekadar melepaskan diri dari beban kerja selama beberapa hari sudah cukup untuk mengembalikan semangat dan produktivitas Anda.

 6. Cari pekerjaan sampingan

Bekerja sampingan, misalnya sebagai freelancer, dapat mengatasi kejenuhan di tempat kerja sekaligus memberikan penghasilan tambahan untuk Anda. Selama Anda mampu membagi waktu, serta patuh pada komitmen dan tanggung jawab terhadap pekerjaan utama, maka pekerjaan sampingan bisa menjadi solusi.

Apabila keenam cara di atas sudah dilakukan, namun Anda masih saja resah menjalani pekerjaan saat ini, mungkin sudah saatnya Anda mencari kesempatan di perusahaan lain. Tapi ingat, jangan nekat resign sebelum yakin Anda sudah mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik. Tentunya perusahaan baru Anda juga harus memiliki kelebihan yang tidak didapatkan di perusahaan saat ini. Nah, Anda tak perlu khawatir karena informasi mengenai perusahaan-perusahaan tersebut bisa ditemukan di Jobplanet.

Comments

comments