Bagaimana Cara Terbaik Meminta Kenaikan Gaji?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


Pertanyaan:

Saya sudah bekerja hampir selama 2 tahun di sebuah perusahaan startup. Tapi hingga sekarang, tidak ada tanda-tanda dari manajemen akan memberikan kenaikan gaji pada para karyawan. Padahal, tugas yang dibebankan kepada saya (juga beberapa teman lainnya) semakin banyak. Saya dan tim bisa dibilang selalu menyelesaikan tugas dengan baik, dan perusahaan tidak sedang dalam kondisi kesulitan keuangan. Saya ingin bertanya tentang kemungkinan kenaikan gaji kepada HRD atau manajer saya. Sebaiknya saya menanyakan hal ini kepada siapa lebih dulu, dan bagaimana pendekatan yang sebaiknya saya lakukan untuk meminta kenaikan gaji?

 

Jawaban:

Perlu diketahui bahwa kenaikan gaji karyawan merupakan kebijakan mutlak dari manajemen perusahaan—dalam hal ini Dewan Direksi. HRD atau manajer Anda dalam hal ini tidak memiliki kewenangan sama sekali untuk memutuskan kenaikan gaji karyawan.

Dengan informasi terbatas yang Anda sampaikan, memang sulit untuk mengetahui secara pasti apa sebabnya Anda dan rekan-rekan belum mendapatkan penyesuaian gaji yang diharapkan. Namun, saya berusaha memberikan beberapa skenario yang menyebabkan kenaikan gaji karyawan belum bisa terealisasi:

  1. Apakah Anda mengetahui struktur permodalan di perusahaan startup tempat Anda bekerja? Bila perusahaan menerima sebagian besar kucuran dana dari pemodal luar—misalnya, dari perusahaan venture capital atau private equity, kenaikan gaji karyawan pasti memerlukan persetujuan dari pihak tersebut.
  2. Selain mendapatkan bantuan permodalan dari pemodal luar, tidak sedikit juga perusahaan startup yang mendapatkan bantuan permodalan berupa pinjaman dari lembaga perbankan. Dalam situasi ini, manajemen perusahaan berkewajiban untuk membayar cicilan pinjaman setiap bulan—meliputi bunga bank dan pokok pinjaman, yang tentunya cukup memberatkan arus kas perusahaan, sehingga manajemen menilai bahwa kenaikan gaji karyawan belum bisa dilakukan saat ini.
  3. Apakah Anda mengetahui laporan laba-rugi perusahaan tempat Anda bekerja? Di kebanyakan perusahaan startup, laporan laba-rugi tiap bulannya menunjukkan kerugian operasional, dikarenakan tidak ada atau minimnya pemasukan perusahaan yang tidak sebanding dengan biaya operasionalnya. Bila situasinya seperti ini, maka bukan keputusan yang tepat jika Anda menuntut kenaikan gaji sekarang.

Saya sering mendengar kisah para pendiri dan pemilik perusahaan yang sampai harus menjual harta benda pribadinya agar bisa menggaji para karyawannya dengan tepat waktu, tanpa ada satupun karyawannya yang tahu. Karena gaji mereka selalu dibayarkan dengan rutin setiap bulan, para karyawan pun menilai perusahaan tidak dalam kondisi kesulitan keuangan.

Di perusahaan startup yang secara umum sifatnya sangat padat modal, manajemen perusahaan harus bisa menciptakan keterbukaan informasi dan komunikasi dua arah dengan seluruh karyawan mengenai kondisi perusahaan, khususnya mengenai laporan keuangan. Dengan begitu, para karyawan tidak hanya menuntut apa yang menjadi haknya saja. Sebab, bisa jadi kondisi perusahaan yang sebenarnya tidak sesuai dengan bayangan mereka.

Kalau performa kerja Anda memuaskan dan kondisi keuangan perusahaan juga sehat, barulah Anda bisa membicarakan kenaikan gaji dengan atasan. Nantinya, atasan Anda lah yang akan mengajukan permohonan tersebut ke manajemen perusahaan untuk dibahas dalam rapat Dewan Direksi.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments