Bagaimana Jika Gaji yang Diharapkan Kandidat Ada di Atas Range Gaji Perusahaan?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seprofesi di Forum Jobplanet.


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo

Pertanyaan:

Dear Jobplanet,

Saya sudah bekerja sebagai pegawai IT selama 3 tahun. Berikut yang mau saya tanyakan seputar tahap interview yang akan saya lalui apabila saya melamar kerja di perusahaan lain:

1) Saat menanyakan berapa gaji yang kita harapkan, tentunya perusahaan sudah mematok range gaji untuk posisi yang kita lamar tersebut. Apabila kita memberikan angka di bawah range gaji yang sudah perusahaan tetapkan, apakah perusahaan akan mengikuti gaji sesuai yang kita minta tadi, atau tetap dalam range gaji perusahaan tersebut?

2) Apa jadinya kalau gaji yang kita harapan ternyata di atas range gaji yang sudah perusahaan tetapkan?

3) Jawaban apa yang baik untuk menjawab pertanyaan berapa gaji yang Anda harapkan?

 

https://goo.gl/49fjGs

Jawaban:

1. Selama kualifikasi Anda masih masuk dalam job level sesuai standar struktur kepegawaian di perusahaan tersebut, maka tentunya Anda akan menerima gaji sesuai dengan salary range yang ada di job level Artinya, kalau ekspektasi gaji Anda di bawah salary range, perusahaan akan menyesuaikan dengan memberikan angka penawaran di range terbawah, yang tetap di atas angka ekspektasi awal Anda.

2. Ada dua kemungkinan. Yang pertama, bila kualifikasi Anda dinilai masih belum memenuhi kualifikasi untuk job level di atas posisi yang Anda lamar, maka perusahaan akan memberikan angka penawaran maksimum untuk posisi tersebut, yang bisa jadi masih di bawah angka ekspektasi Anda. Keputusan akan kembali kepada Anda untuk bernegosiasi ulang dengan pihak perusahaan.

Kemungkinan kedua, kualifikasi Anda dinilai memenuhi syarat untuk job level di atas posisi yang Anda lamar, sehingga perusahaan memiliki keleluasaan untuk bisa memberikan angka penawaran gaji sesuai dengan ekspektasi Anda, selama ekspektasi tersebut masih ada dalam salary range pada job level yang dimaksud.

3. Silakan baca kembali jawaban Ask the Expert tanggal 28 Januari 2017 untuk menjawab pertanyaan wawancara mengenai berapa gaji yang diharapkan.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments