Bagaimana Cara Meminta HRD untuk Melanjutkan Proses Rekrutmen yang Terhenti?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seprofesi di Forum Jobplanet.


Pertanyaan:

Pada akhir bulan Agustus kemarin saya dapat panggilan untuk interview user dari perusahaan outsourcing. Saya berminat dengan posisi tersebut karena memang saya yang memilih.

Tapi masalahnya, saat itu saya dihubungi ketika sedang melakukan perjalanan menuju luar kota dan saya katakan baru kembali awal September. Akhirnya dokumen saya tidak diteruskan ke user yang bersangkutan.

Karena ini adalah perusahaan outsourcing, mereka selalu membuka walk-in interview. Tapi, saya benar-benar menginginkan posisi tersebut. Jadi yang mau saya tanyakan, apakah tidak apa-apa jika saya datang kembali ke sana dan mengatakan bahwa saya sudah pernah melamar dan hampir interview user namun saya sedang ke luar kota?

Bagaimana cara menyampaikannya kepada pihak HRD supaya saya bisa meneruskan proses rekrutmen tanpa harus mengulang dari awal?

Terima kasih.

 

https://goo.gl/49fjGs

 

Jawaban:

Saran saya, hubungi kembali perusahaan outsourcing tersebut, dan akan jauh lebih baik bila Anda masih ingat nama recruiter atau staf HRD yang menghubungi Anda sebelumnya. Sampaikan dan jelaskan dengan jujur apa yang menjadi kendala sehingga Anda tidak bisa hadir dalam interview user beberapa waktu yang lalu.

Jangan lupa sampaikan juga bahwa Anda sangat berminat dengan posisi tersebut, dan tanyakan apakah masih terbuka kesempatan bagi Anda untuk dipertimbangkan kembali mengisi posisi yang dimaksud.

Kejujuran dan penjelasan Anda yang masuk akal pada akhirnya akan membawa pada tiga kemungkinan:

  • Pertama, Anda dipertimbangkan kembali mengisi posisi yang Anda minati.
  • Kedua, karena posisi tersebut sudah terisi, Anda akan dipertimbangkan mengisi posisi di perusahaan lainnya.
  • Ketiga, karena belum ada perusahaan yang membuka posisi sesuai dengan kualifikasi Anda, maka Anda akan masuk ke dalam “waiting list” sampai ada posisi lowong yang bisa ditawarkan kepada Anda.

Pada akhirnya, cepat atau lambat Anda akan mendapatkan tawaran pekerjaan. Tinggal keputusan apakah akan menerimanya atau tidak tentunya kembali ke Anda sendiri.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments