Apa Pandangan Perusahaan terhadap Pelamar yang Melamar 2 Posisi Sekaligus?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email tanya@jobplanet.com dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seprofesi di Forum Jobplanet.


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Saya mau tanya, saya menemukan sebuah perusahaan yang memasang beberapa lowongan di website-nya. Nah, kebetulan ada dua posisi yang saya minati di sana.

Menurut Jobplanet apakah boleh saya melamar untuk kedua posisi tersebut?

Apakah perusahaan mau mempertimbangkan lamaran saya atau malah saya dianggap tidak bisa mengambil keputusan?

 

 

Jawaban:

Tidak perlu mengirimkan lamaran di satu perusahaan untuk dua posisi sekaligus. Cukup tetapkan satu pilihan posisi yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda, fokuskan tenaga dan pikiran untuk membuat CV yang menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang berkualitas untuk posisi tersebut, lalu kirimkan CV yang sudah terstruktur rapi sesuai dengan instruksi perusahaan. Selanjutnya, biarkan pihak perusahaan yang akan menilai.

Kalau seandainya Anda memang dirasa lebih tepat untuk mengisi posisi lainnya yang lowong di perusahaan yang dimaksud, maka nantinya Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di sana, tanpa harus repot mengirimkan dua lamaran untuk dua posisi yang berbeda.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments