Bolehkah Pencari Kerja Menghubungi HRD atau Headhunter di LinkedIn?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seprofesi di Forum Jobplanet.


Pertanyaan:

Dear Jobplanet,

Bagaimana cara yang tepat untuk “mendekati” HRD/headhunter di LinkedIn? Saya sedang mencari lowongan dan ada beberapa perusahaan yang saya minati, tapi saya tidak yakin kalau ada posisi yang sedang dibuka dan cocok untuk saya. Sekalipun ada, saya tidak ingin secara terang-terangan menunjukkan ketertarikan saya di depan orang-orang kantor saya yang aktif di LinkedIn.

Bagaimana cara yang tepat untuk menghubungi HRD/headhunter via message di LinkedIn? Apakah hal ini lazim dilakukan? Kira-kira bagaimana pandangan HRD/headhunter terhadap pencari kerja yang menghubungi mereka langsung via Linkedin?

 

https://goo.gl/49fjGs

 

Jawaban:

Ada satu hal yang sering dilupakan oleh sebagian besar pengguna LinkedIn, yaitu mereka selalu mengasumsikan bahwa LinkedIn merupakan platform yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk mencari pekerjaan baru.

Meski memang bukan sesuatu yang salah, tapi asumsi demikian juga tidak sepenuhnya benar. Sebagaimana platform media sosial lainnya, sebetulnya LinkedIn menekankan pada tujuan untuk menjalin relasi dengan sesama profesional melalui cara yang lebih mudah dan menyenangkan.

Menjalin relasi dalam jangka panjang di LinkedIn akan menjadi sulit apabila ada muatan kepentingan pribadi. Begitu juga ketika Anda mengirim undangan koneksi kepada seorang HRD Manager atau headhunter, dengan tujuan untuk menghubungi dan memberitahukan mereka bahwa saat ini Anda sedang berpikir untuk mencari pekerjaan baru.

Kalaupun berniat untuk menambahkan HRD Manager atau headhunter ke dalam jaringan profesional Anda di LinkedIn dan mereka juga sudah menerima undangan Anda, kirimkan saja pesan singkat melalui LinkedIn berisi ucapan terima kasih karena sudah menerima undangan untuk saling terhubung di LinkedIn, serta harapan semoga silaturahmi Anda dengannya bisa berlanjut. Titik!

HRD Manager atau headhunter pasti akan melakukan pencarian kandidat secara proaktif. Karena itu, tugas Anda selanjutnya adalah memperbaiki apa yang ditampilkan dalam profil LinkedIn Anda, agar justru Anda lah yang didekati oleh HRD Manager ataupun headhunter setiap kali mereka mencari kandidat dengan kualifikasi yang dimiliki.

Dengan profil LinkedIn yang lengkap dan informatif, HRD Manager atau headhunter akan lebih mudah menemukan profil Anda. Anda pun tak perlu bersusah payah menghubungi mereka satu per satu dan menunjukkan bahwa Anda terbuka untuk menjajaki peluang kerja baru—yang justru bisa menjadi bumerang bila salah satu dari mereka mengenal atasan Anda di perusahaan sekarang.

Baca juga artikel saya mengenai cara mudah agar headhunter menemukan Anda.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments