Anda Karyawan Baru? Lakukan 5 Hal ini untuk Beradaptasi

Cara beradaptasi untuk karyawan baru

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Diterima bekerja di perusahaan idaman tentu merupakan impian banyak orang. Meski demikian, tak jarang hal ini menimbulkan perasaan yang campur aduk. Selain perasaan senang dan bangga, perasaan gugup untuk memulai hari-hari pertama di tempat kerja baru juga lumrah dialami oleh para karyawan.

Jika Anda salah satu yang mengalaminya, jangan panik! Coba lakukan lima hal ini untuk membantu Anda beradaptasi sebagai karyawan baru:

  1. Lakukan observasi

Sebelum masuk kerja, alangkah baiknya Anda melakukan observasi terhadap tempat kerja Anda terlebih dahulu. Selain mempelajari profil perusahaan, mencari review para karyawan maupun mantan karyawannya di Jobplanet juga akan membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai seluk-beluk perusahaan tersebut.

Tidak cukup sampai di situ, pada hari-hari pertama cobalah amati lingkungan kerja Anda. Mulai dari gaya kepemimpinan atasan, cara para karyawan berkomunikasi satu sama lain, hingga gaya dan ritme kerja mereka. Dengan begitu, Anda jadi tahu bagaimana harus bersikap di antara teman-teman dan atasan baru Anda, serta apa saja yang harus Anda sesuaikan agar diterima dengan baik di lingkungan tersebut.

  1. Tumbuhkan rasa antusias

Cobalah untuk menumbuhkan rasa antusias dalam diri Anda untuk memicu semangat dan energi positif. Meskipun hari-hari pertama belum tentu berjalan sesuai harapan, namun dengan berbekal energi positif, bukan tak mungkin Anda bisa menyulap pengalaman kerja yang baru ini jadi menyenangkan.

Apabila karyawan perusahaan menyambut Anda dengan hangat, maka sebaiknya Anda pun membalasnya dengan respons yang positif, yakni dengan cara menunjukkan antusiasme kepada mereka. Namun hati-hati, jangan terlalu berlebihan sampai Anda dicap “lebay”, ya. Setidaknya buat mereka yakin bahwa Anda bersemangat untuk membantu mereka memajukan perusahaan.

  1. Biasakan disiplin

Kedisiplinan adalah salah satu hal yang pertama kali dinilai oleh atasan dan rekan-rekan kerja dari seorang karyawan baru. Buatlah catatan kehadiran yang baik dengan datang tepat waktu, dan apabila lokasi tempat tinggal Anda cukup jauh dari kantor, maka atur waktu keberangkatan dengan baik serta pilih moda transportasi yang tepat.

Hal yang sama juga berlaku dalam menyelesaikan tugas-tugas. Tunjukkan komitmen Anda dengan selalu menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dan pastikan Anda menjalankannya secara konsisten. Dengan begitu, rekan kerja dan atasan akan melihat Anda sebagai karyawan yang dapat dipercaya.

  1. Jujur dan berani bertanya

Untuk mendapat kepercayaan dari orang-orang di sekitar, kejujuran merupakan suatu nilai penting yang harus Anda jaga. Itulah sebabnya Anda selalu disarankan untuk tidak pernah berbohong dalam wawancara kerja. Mengatakan punya suatu kemampuan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya hanya akan mempersulit proses adaptasi Anda di tempat kerja baru.

Apabila Anda diberikan tugas yang sulit untuk dikerjakan karena kurangnya pengetahuan, keterbatasan fasilitas, dan sebagainya, sebaiknya Anda berterus terang. Memang, sebisa mungkin setiap kendala yang Anda hadapi berusaha ditangani dulu seorang diri. Namun, jika tak ada pilihan lain, maka lebih baik Anda mengutarakannya pada atasan daripada memaksakan diri hingga akhirnya mengorbankan kualitas pekerjaan itu sendiri.

  1. Bangun jaringan pertemanan

Di hari-hari pertama bekerja, biasanya Anda masih akan melalui masa-masa perkenalan dengan orang-orang kantor. Jadi, manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin. Meskipun banyak di antara mereka yang berasal dari divisi atau departemen lain, namun tak ada salahnya untuk saling menyapa saat berpapasan di lain kesempatan. Jangan sampai belum lama bekerja Anda sudah jadi bahan gosip!

Bergaul dan membangun jaringan pertemanan merupakan hal krusial dalam dunia kerja. Bagaimanapun juga, para karyawan akan selalu membutuhkan satu sama lain. Selain untuk memperlancar pekerjaan serta menambah koneksi demi masa depan karier, membangun jaringan pertemanan di kantor juga dapat membuat semangat kerja Anda sebagai karyawan baru bertambah.

Semoga dengan melakukan hal-hal di atas, Anda jadi lebih mudah beradaptasi dan bekerja secara maksimal ya. Adakah kisah seru yang Anda alami saat menjadi karyawan baru? Bagikan kisah Anda di sini, atau ceritakan dengan Planeters lain di Forum Jobplanet!

 

Comments

comments