4 Alasan Tak Perlu Minder Bersaing dengan Lulusan Luar Negeri

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Penulis: Widya Sulistiani dan Titi HK

Hingga kini masih banyak orang Indonesia yang mempunyai pola pikir yang keliru mengenai lulusan perguruan tinggi. Mereka menganggap seakan-akan gelar dari perguruan tinggi luar negeri sudah pasti menjamin mutu tinggi para lulusannya. Dengan kata lain, lulusan luar negeri dinilai lebih berkualitas dibandingkan lulusan dalam negeri.

Hal inilah yang sering kali membuat pencari kerja merasa minder dan kurang termotivasi ketika melamar ke sebuah perusahaan, terutama perusahaan multinasional. Padahal, anggapan tersebut belum tentu benar loh!

Perlu Anda ketahui, ada banyak kelebihan yang dimiliki lulusan dalam negeri yang belum tentu dimiliki oleh lulusan luar negeri. Jadi, meski merupakan “jebolan lokal”, Anda tak perlu merasa minder. Berikut lima alasannya:

  1. Indonesia punya banyak perguruan tinggi berkualitas

Nama-nama perguruan tinggi unggulan di Indonesia mungkin belum menempati peringkat teratas dunia. Namun, bukan berarti pendidikan dalam negeri tidak berkualitas. Sederhananya, Anda bisa mengamati mutu tenaga pengajar, program studi, hingga kisah sukses para lulusan perguruan tinggi tersebut.

Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) hanyalah segelintir nama perguruan tinggi yang menempatkan pakar dan praktisi teruji sebagai tenaga pengajarnya. Mereka tak hanya membimbing dan mendidik para mahasiswa, namun juga membentuk karakter lulusan yang siap menghadapi persaingan kerja yang ketat.

Terbukti, tidak sedikit lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang sukses membawa harum nama Indonesia, baik di kancah nasional maupun internasional. Diplomat muda lulusan UI, Nara Masista Rakhmatia, misalnya, menjadi salah satu bukti bahwa lulusan dalam negeri juga punya kesempatan yang sama untuk meraih karier yang cemerlang.

  1. Lulusan dalam negeri lebih mudah beradaptasi

Khusus bagi Anda yang ingin berkarier di Indonesia, pengalaman mengenyam pendidikan di dalam negeri menjadi sebuah keuntungan buat Anda. Salah satunya, karena kurikulum yang diterapkan oleh perguruan tinggi sengaja dibuat untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi lingkungan kerja di dalam negeri.

Selain lewat kegiatan perkuliahan di dalam kelas, adanya praktik magang juga semakin memudahkan Anda ketika beradaptasi di dunia kerja yang sesungguhnya. Tak hanya menyangkut bidang pekerjaannya, namun juga budaya kerjanya. Dengan demikian, setelah wisuda Anda sudah jauh lebih siap dibandingkan lulusan luar negeri.

  1. Pengalaman dan pengetahuan yang dapat diterapkan

Salah satu keunggulan perguruan tinggi luar negeri adalah, model pengajarannya yang umumnya menggunakan pendekatan global. Sayangnya, ilmu yang diterima mahasiswa di sana belum tentu bisa diterapkan di semua negara, termasuk Indonesia.

Di sini, para tenaga pengajar akan fokus pada kondisi dalam negeri. Bahkan, sebagai panduan studi mereka masih sering menggunakan buku-buku, jurnal, atau hasil penelitian yang dibuat oleh orang-orang lokal, yang mana mengangkat topik yang sesuai dengan kondisi di dalam negeri. Otomatis hal ini menjadi nilai lebih bagi para lulusannya.

  1. Memiliki banyak network di dalam negeri

Jika Anda sudah mengincar posisi di perusahaan-perusahaan ternama di dalam negeri, ketahuilah bahwa network atau relasi yang Anda kembangkan selama kuliah akan sangat menguntungkan karier Anda. Mulai dari alumni hingga dosen, semuanya bisa membuka jalan Anda untuk mendapat pekerjaan di perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, apabila Anda berhasil membuat dosen pemimbing skripsi puas dan bangga dengan usaha dan hasil kerja Anda, bukan tak mungkin dia akan merekomendasikan Anda untuk sebuah di posisi di perusahaan yang Anda impikan. Namun, tentu saja hasil akhirnya tetap bergantung pada bagaimana Anda memaksimalkan peluang tersebut.

Asal perguruan tinggi mungkin dilihat pertama kali oleh recruiter, selain IPK. Namun, faktor ini tidak lantas menjamin kesuksesan seseorang. Anda mungkin bukan lulusan kampus kenamaan di luar negeri, namun dengan semangat dan usaha yang keras, serta dibantu dengan informasi seputar karier dan dunia kerja di Jobplanet, lulusan manapun pasti bisa Anda tandingi. Ingat, hal terpenting dari sebuah perjalanan karier adalah besarnya keinginan untuk belajar dan mengembangkan diri.

Jadi, tak ada alasan lagi untuk minder, bukan?

Comments

comments