5 Persiapan Wajib Calon Anak Magang

persiapan wajib calon anak magang

“Mau magang nih. Tapi di mana ya? Kerjanya akan seperti apa? Digaji gak ya?”

Pertanyaan-pertanyaan di atas kerap membuat bingung para calon anak magang, khususnya mahasiswa semester akhir atau fresh graduate. Magang merupakan pintu gerbang Anda sebelum menapaki dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga tidak boleh sembarangan apalagi semata-mata demi memenuhi syarat kelulusan.

Jika Anda berencana magang dalam waktu dekat, persiapkan dulu lima hal ini:

  1. Cari tahu perusahaan mana yang dapat mendukung Anda dalam merintis karier. Beberapa perusahaan melakukan pengangkatan karyawan magang sebagai karyawan tetap berdasarkan kinerja mereka. Magang di perusahaan impian bisa menjadi batu loncatan untuk meraih karier yang Anda impikan. Untuk menemukan perusahaan yang menawarkan kesempatan tersebut, Anda dapat membaca review para karyawan magang berbagai perusahaan di sini.

 

  1. Cari tahu detail tentang job description untuk program magang yang Anda incar. Apakah sesuai dengan bidang ilmu dan passion Anda? Walaupun baru sebagai karyawan magang, namun pengalaman yang Anda dapat harus berbuah sesuatu untuk mendukung karier Anda yang akan datang. Untuk memastikan, tanyakan hal ini pada saat Anda tak mau kan jika selama magang hanya disuruh memfotokopi dokumen atau membuatkan kopi untuk karyawan lain?

 

  1. Cari tahu lokasi perusahaan. Usahakan Anda memilih perusahaan yang mudah dijangkau dengan transportasi umum. Jangan teralu jauh dari tempat tinggal atau kampus Anda. Bisa-bisa Anda terpaksa memutuskan kontrak magang hanya karena kelelahan di perjalanan, atau karena sering terlambat mengikuti jadwal perkuliahan.

 

  1. Cari tahu apakah perusahaan tersebut memberikan gaji kepada karyawan magang atau tidak. Sebenarnya hal ini tak mesti jadi pertimbangan utama, apalagi karyawan magang sepatutnya lebih mengutamakan pengalaman, bukan gaji. Tapi, bukankah akan lebih baik jika perusahaan paling tidak bisa meringankan biaya perjalanan Anda?

    Di sini, Anda bisa cek perusahaan mana yang menggaji karyawan magangnya. Bahkan tidak sedikit lho perusahaan yang memberikan gaji yang lumayan kepada karyawan magangnya.

persiapan wajib calon anak magang

 

  1. Siapkan CV kreatif Anda, lalu segera kirimkan lamaran. Jangan ditunda-tunda karena bukan hanya Anda yang ingin bekerja di perusahaan tersebut. Di luar sana ada banyak mahasiswa atau fresh graduate lain yang juga menantikan kesempatan ini. (git/wid)

Comments

comments