4 Alasan Mengambil Tawaran Kerja dengan Gaji Lebih Rendah

Alasan Mengambil Tawaran Kerja dengan Gaji Lebih Rendah

Ketika seorang karyawan pindah ke suatu perusahaan, idealnya ia akan dihargai lebih tinggi dari perusahaan sebelumnya. Namun, kenyataannya ada saja yang rela mengambil tawaran kerja baru meski gajinya lebih rendah. Keputusan ini pun sering kali mengundang tanda tanya dari banyak orang. Kira-kira hal apa yang bisa membuat seseorang mengambil langkah tersebut?

1. Berganti jalur karier

Salah satu risiko beralih profesi atau berganti jalur karier adalah, Anda harus memulai segala sesuatunya dari nol. Di hadapan HRD, Anda bagaikan seorang fresh graduate yang mencari pekerjaan pertama. Pasalnya, modal pengalaman kerja yang Anda miliki tidak berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Kondisi ini memang banyak dialami oleh orang-orang yang merasa salah pilih pekerjaan. Gaji yang lebih rendah pun rela diterima selama mereka dapat mengejar passion-nya. Keputusan tersebut tidak bisa dikatakan keliru, sebab sering kali bekerja sesuai passion membawa lebih banyak keuntungan daripada bekerja hanya karena gaji.

 2. Ada peluang yang menjanjikan

Gaji yang tinggi untuk sebuah pekerjaan yang menyenangkan dapat membuat karyawan kelewat nyaman. Namun, tidak semua karyawan bercita-cita untuk diam di suatu posisi tanpa peluang untuk mendapat promosi atau kenaikan jabatan. Lama-kelamaan datang ke kantor pun jadi sebuah rutinitas yang membosankan.

Ketika seseorang begitu haus akan tantangan, bisa jadi ia rela resign untuk suatu pekerjaan yang membayarnya lebih rendah. Orang-orang seperti ini biasanya memiliki pandangan yang jauh ke depan. Mereka percaya bahwa dengan mengembangkan potensi diri lewat pekerjaan yang lebih menantang, kesuksesan materi akan mengikuti.

 

Baca juga:

5 Tips Jitu Nego Gaji

Pilih yang Mana? Perusahaan Besar dengan Gaji Kecil atau Perusahaan Kecil dengan Gaji Besar?

5 Pertimbangan untuk Menolak Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

 

3. Kompensasinya menarik

Gaji bukanlah daya tarik perusahaan satu-satunya. Tidak percaya? Coba intip kisah bahagia karyawan-karyawan yang dibagikan di Jobplanet. Banyaknya kompensasi atau benefit lain yang mereka terima di samping gaji pokok pasti membuat Anda tergiur. Mulai dari bonus dua kali setahun, hingga tunjangan yang nilainya berkali-kali lipat gaji pokok.

Bagi sejumlah orang, tawaran kerja dengan gaji yang lebih rendah tak jadi masalah jika tertutup oleh kompensasi lain yang menarik. Namun, perlu dipastikan bahwa tempat kerja baru tersebut juga memberi kesempatan karier yang lebih menjanjikan.

4. Ada prioritas lain

Keputusan untuk menikah dan berkeluarga tentunya menambah daftar pertimbangan seseorang ketika menerima tawaran kerja. Bagi para kepala keluarga, pengeluaran yang berlipat cukup menjadi alasan kuat untuk mencari pekerjaan bergaji tinggi. Sayangnya, tak jarang waktu dan kebersamaan dengan keluarga mereka terpaksa dikorbankan.

Sebut saja karyawan perusahaan migas yang bekerja di pelosok daerah. Bayaran mereka mungkin selangit. Akan tetapi, ketika kebersamaan dengan keluarga menjadi prioritas utama, bisa dikatakan pindah ke perusahaan yang gajinya lebih rendah namun berlokasi dekat rumah adalah keputusan yang masuk akal.

Nah, sekarang Anda jadi tahu kan, alasan orang-orang yang rela mengambil tawaran kerja dengan gaji lebih rendah.

 

Comments

comments