5 Pertimbangan untuk Menolak Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Menolak Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Setiap orang punya pilihan dan tujuan karier yang berbeda-beda. Ada yang setia pada satu perusahaan hingga bertahun-tahun, ada juga yang selalu terbuka pada setiap kesempatan baru yang menghampirinya. Anda mungkin tak ada masalah dan justru merasa nyaman dengan pekerjaan yang Anda miliki saat ini. Namun, ketika datang tawaran pekerjaan yang tampak lebih menarik, biasanya keinginan untuk pindah sulit dielakkan.

Sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak sebuah tawaran pekerjaan, salah satu pertimbangan yang tentunya tak akan Anda lewatkan adalah gaji. Merelakan tawaran pekerjaan bergaji tinggi memang bukan hal yang mudah, tapi terkadang itulah keputusan yang lebih baik.

Berikut ini lima pertimbangan untuk menolak pekerjaan dengan gaji tinggi:

1. Tidak menguntungkan karier

Sebelum berpindah-pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, alangkah baiknya jika Anda sudah menetapkan tujuan karier yang jelas. Hal ini untuk mengindarkan Anda dari keputusan gegabah. Misalnya, banting setir untuk bergelut di bidang pekerjaan lain dengan dalih mencari tantangan. Padahal, Anda hanya tergiur oleh gaji yang tinggi.

Gaji boleh tinggi, tapi apakah secara keseluruhan pekerjaan tersebut baik untuk masa depan karier Anda? Jangan sampai nantinya Anda menyesal, sehingga bekerja pun jadi separuh hati dan hanya menanti tanggal gajian saja.

2. Tidak ada benefit

Selain gaji pokok, komponen lain yang harus Anda perhatikan adalah benefit. Meski gaji di tempat kerja Anda saat ini tidak seberapa, tapi jika Anda mendapat jaminan kesehatan yang memadai, pendidikan untuk anak, bonus tahunan, serta berbagai benefit lain, tidakkah secara keseluruhan nilai yang Anda terima jadi sangat besar?

Standar gaji di calon perusahaan baru memang lebih tinggi. Tapi jika Anda harus melepas benefit yang sudah dinikmati di perusahaan sekarang, maka sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk menerima tawaran yang datang.

3. Lokasi yang jauh

Saat menimbang sebuah tawaran pekerjaan, jangan pernah abaikan lokasi. Mendapat gaji lebih tinggi tapi harus menempuh perjalanan lebih jauh setiap hari bukan hanya akan memakan biaya, tapi juga waktu dan tenaga Anda. Pada akhirnya, performa Anda di kantor jadi tidak maksimal, karena sering datang terlambat atau stres di perjalanan. Sementara kalau ingin nyaman, Anda perlu menyisihkan gaji untuk menyewa tempat tinggal atau kost yang dekat dengan kantor. Apa Anda siap?

4. Hanya unggul dalam hal gaji

Di situs Jobplanet, Anda bisa menemukan penilaian kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan, jenjang karier, work-life balance, budaya kerja, serta manajamen perusahaan. Nah, kalau hanya gaji saja yang diunggulkan para karyawan sementara komponen lainnya dinilai buruk, masihkah Anda ingin menerima tawaran kerja di sana?

5. Masih banyak kesempatan

Mencari tantangan baru untuk mengembangkan bakat dan kemampuan merupakan alasan yang tepat untuk mencari pekerjaan baru. Ditambah lagi kalau bayarannya juga lebih menarik. Tapi, benarkah kesempatan tersebut tak bisa Anda dapatkan dari pekerjaan saat ini? Jangan sampai tanpa sadar Anda melepas kesempatan untuk mendapatkan promosi dan kenaikan gaji, hanya karena terlanjur tergoda oleh tawaran perusahaan lain.

 

Comments

comments