3 Resolusi Karier Agar Anda Makin Sukses di Tahun Baru

Resolusi Karier Agar Anda Makin Sukses di Tahun Baru

Memasuki tahun yang baru, semangat pun harus baru. Setuju? Apa yang sudah terjadi satu tahun terakhir mungkin tak bisa Anda ubah. Entah salah pilih tempat kerja, terjebak di pekerjaan yang tak disukai, atau salah nego gaji. Namun demikian, dengan semangat dan optimisme menyambut tahun baru, Anda dapat menyingkirkan penyesalan tersebut, serta fokus merancang rencana dan target untuk tahun yang akan datang.

Kira-kira apa saja resolusi karier yang bisa membantu Anda makin sukses di tahun yang akan datang? Berikut Jobplanet rangkumkan tiga di antaranya:

1. Perluas koneksi

Jika kesibukan selama setahun terakhir menghalangi Anda untuk membangun koneksi yang luas, maka tahun yang baru ini adalah saat yang tepat untuk merealisasikannya. Anda bisa mengawalinya dengan mencatat tanggal-tanggal workshop, seminar, serta berbagai event menarik lainnya yang banyak dihadiri oleh orang-orang dari bidang yang Anda geluti.

Sebelum menghadiri acara tersebut, ingatlah untuk selalu membawa kartu nama, dan jangan sungkan untuk membuka percakapan dengan orang-orang yang Anda temui. Siapa tahu mereka lah calon rekan bisnis atau klien Anda berikutnya?

2. Menambah skill

Setiap orang berhak merasa bangga atas prestasi yang diraihnya. Namun, bukan berarti usaha Anda cukup berhenti di situ. Jika Anda sudah mengkhatamkan sejumlah ilmu pemrograman, maka skill apa lagi yang belum Anda miliki? Lihat juga rekan-rekan atau para senior di sekeliling Anda, kira-kira apa saja kelebihan mereka yang wajib Anda tiru?

Ada banyak cara untuk menambah skill. Anda bisa belajar sendiri lewat buku atau Internet, serta belajar langsung dari orang-orang terdekat. Jika ternyata “PR” Anda cukup banyak, tentukanlah mana skill yang perlu didahulukan, berdasarkan manfaatnya bagi profesi Anda.

3. Pindah kerja

Menghabiskan waktu bertahun-tahun di sebuah perusahaan mungkin menjadikan Anda karyawan paling loyal dan berdedikasi. Namun, benarkah itu resolusi yang ingin Anda capai?

Setia di satu perusahaan tak semestinya dijadikan sebuah pencapaian. Kalau karier sudah mentok, maka carilah tantangan yang lebih besar. Pindah kerja dari korporat ke startup, atau mencoba profesi baru yang lebih menantang bisa menjadi salah satu resolusi Anda untuk tahun depan. Harapannya, makin terasah kemampuan Anda, makin cemerlang pula karier Anda.

Siapa saja bisa membuat resolusi tahun baru, tapi tak semua orang sanggup mewujudkannya. Untuk menjaga komitmen Anda, buatlah daftar resolusi yang spesifik dan fokus pada hasil akhir. Sertakan pula alasan-alasan yang kuat, serta strategi untuk merealisasikannya. Dijamin, daftar resolusi Anda tak lagi sekadar jadi hiasan di dinding kamar atau meja kerja, tapi juga berhasil Anda wujudkan!

Comments

comments