4 Tempat Terbaik untuk Membangun Jaringan Sosial

4 Tempat Terbaik untuk Membangun Jaringan Sosial

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Membangun jaringan sosial alias networking merupakan salah satu strategi jitu untuk meraih sukses. Dengan networking Anda bisa bertemu dengan calon bos, mendapat klien, partner kerja, bahkan investor. Nah, lokasi pertemuan rupanya punya andil cukup besar dalam keberhasilan usaha networking Anda. Berikut ini Jobplanet rangkumkan empat tempat terbaik untuk melakukannya.

1. Seminar

Seminar maupun workshop karier diadakan setiap saat. Kalau Anda jeli, Anda akan menemukan banyak acara khusus untuk bidang pekerjaan Anda. Baik itu teknologi, keuangan, pemasaran, dan sebagainya. Anda bahkan bisa berkesempatan berbincang langsung dengan pembicara yang umumnya merupakan para ahli. Jika tempat kerja Anda sering mengirim karyawannya ke acara seminar atau pelatihan, jangan disia-siakan!

2. Pertemuan komunitas

Apabila Anda punya hobi tertentu, seperti bersepeda, blogging, atau menyukai barang antik, tak ada salahnya Anda bergabung dalam klub atau komunitas yang terkait. Dalam komunitas, anggota tak hanya bisa saling berbagi informasi secara online, tapi juga kerap mengadakan meet up untuk mempererat hubungan mereka. Karena umumnya latar belakang profesi mereka beragam, maka keikutsertaan Anda dalam komunitas bisa menjadi kesempatan bagus untuk memperluas networking.

3. Acara alumni

Reuni akbar, buka puasa bersama, maupun acara alumni lainnya adalah undangan yang tak boleh Anda lewatkan. Bukan hanya sebagai ajang temu kangen dengan teman-teman sekolah atau kampus, acara ini juga akan mempertemukan Anda dengan alumni dari berbagai angkatan. Ditambah lagi tak jarang masing-masing dari mereka ikut membawa keluarganya. Semakin banyak orang, semakin besar peluang networking Anda. Untuk itu, jangan lupa selalu kantongi kartu nama Anda ke manapun Anda pergi.

4. Media sosial

Di era digital, media sosial sudah jadi tempat baru untuk mendongrak karier. Tak sedikit orang yang meraih sukses karena aktif bersosialisasi di sana. Untuk mengoptimalkannya, jauhkanlah akun-akun Anda dari konten negatif yang dapat merusak image Anda. Manfaatkan juga jejaring sosial LinkedIn untuk terhubung dengan para profesional di bidang yang Anda minati. Dengan koneksi yang luas, nama Anda akan semakin diperhitungkan.

Comments

comments