Cara Sederhana Memoles Profile LinkedIn untuk Pemula

memoles profile linkedinAnda tentu sudah akrab dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan sebagainya. Media-media ini memungkinkan Anda untuk terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna di Internet, khususnya yang memiliki minat yang sama.

Nah, bagi Anda yang sudah mulai memasuki dunia kerja, sudah saatnya Anda bergabung di situs jejaring sosial profesional yang lebih fokus dalam peningkatan karier, seperti LinkedIn. LinkedIn dapat mempertemukan Anda dengan sesama karyawan, para ahli dan profesional, serta recruiter dari berbagai perusahaan.

Jika Anda baru mendaftarkan diri di LinkedIn, berikut ini Jobplanet uraikan cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan profile LinkedIn Anda.

1. Profile picture

Pertama, gunakan foto terbaru untuk profil LinkedIn Anda. Kedua, jangan pilih foto dengan latar belakang yang ramai. Hal ini akan menyulitkan recruiter dalam mengenali wajah Anda. Usahakan wajah Anda memenuhi 60% dari total ukuran foto. Ketiga, kenakanlah pakaian yang sesuai dengan profesi Anda. Jika Anda bergelut di bidang media, contohnya, Anda tidak perlu tampil mengenakan kemeja dan jas asalkan rapi dan pantas. Namun, jika Anda seorang pengacara atau karyawan bank, Anda perlu menampilkan foto dengan pakaian rapi dan formal sesuai dengan tuntutan pekerjaan Anda.

2. Headline

Headline yang terletak di bawah nama pengguna tidak harus berisi posisi atau jabatan Anda di perusahaan. Justru agar tampak berbeda dari yang lain, gunakanlah bagian ini untuk menampilkan keahlian-keahlian khusus Anda.

3. Summary

Muatlah informasi singkat yang dapat merangkum isi profil Anda. Cukup paparkan hal-hal paling menarik, seperti passion, kelebihan yang sekaligus menjadi unique selling point Anda, serta pencapaian-pencapaian yang paling membanggakan.

4. Skills & Endorsement

Pilih keahlian yang signifikan dan relevan dengan karier Anda. Skill ini bisa terbentuk dari pengalaman Anda di dunia kerja maupun organisasi semasa sekolah dan kuliah. Dari sini koneksi Anda bisa memberikan endorsement yang dapat mendukung kredibilitas Anda.

5. Recommendation

Rekomendasi bisa berasal dari orang-orang yang memiliki hubungan profesional dengan Anda, mulai dari rekan kerja atau kolega, atasan, hingga klien. Kirimlah permintaan rekomendasi kepada orang-orang yang potensial serta mengenal baik kinerja Anda. Rekomendasi yang mampu memperkuat informasi yang Anda tulis di profil LinkedIn otomatis akan meningkatkan reputasi Anda di mata recruiter.

Profil LinkedIn yang menarik akan memperbesar peluang recruiter untuk mengontak Anda dan mengundang interview. Jangan lupa sesaat setelah dihubungi recruiter, segera telusuri seluk beluk perusahaan tersebut, mulai dari budaya kerja, jenjang karier, work-life balance, dan sebagainya. Sebagai persiapan, Anda juga bisa mempelajari kisi-kisi interview serta mengetahui berapa rata-rata gaji yang ditawarkan di sana. Semua itu tentunya dapat Anda temukan di Jobplanet.

Comments

comments