Sudah Kerja Bertahun-tahun, Tapi Tak Kunjung Dapat Promosi? Mungkin Ini Penyebabnya

tak kunjung dapat promosi

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Anda merasa telah menjadi karyawan yang sangat loyal. Saat teman-teman kantor telah berpindah ke sana ke mari, Anda memilih setia di perusahaan yang sama. Salah satu alasannya mungkin karena sudah merasa terlalu nyaman. Meski demikian, sering kali keputusan menjadi karyawan setia ini pada akhirnya membuat seseorang menyimpan sejumlah harapan. Di antaranya, harapan untuk mendapatkan promosi alias kenaikan jabatan.

Persoalannya, bagaimana jika harapan tersebut tak kunjung terpenuhi? Anda pasti akan bertanya-tanya. Apa yang kurang dari diri Anda? Apa yang salah dengan hasil kerja Anda? Nah, bisa jadi ketiga hal berikut inilah penyebabnya:

  • Kurang percaya diri

Untuk bisa dipercaya menjabat posisi yang lebih tinggi, Anda harus lebih dulu percaya pada diri sendiri. Hal ini dapat Anda tunjukkan dengan aksi-aksi yang sederhana, seperti memimpin jalannya meeting, membawakan presentasi, atau mewakili atasan untuk bertemu klien penting. Jika Anda sendiri hanya bersedia menerima tugas-tugas yang ringan, apa Anda yakin akan sanggup bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain?

  • Kurang aktif dan inisiatif

Pada saat-saat awal bergabung di suatu perusahaan, dapat dimaklumi jika Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dan belajar. Namun jika sudah bekerja bertahun-tahun, semestinya waktu tersebut Anda manfaatkan sebagai ajang pembuktian diri. Misalnya, dengan menjadi lebih aktif berkontribusi di perusahaan, berinisiatif meminta tugas atau tanggung jawab yang lebih besar, serta mengajukan diri untuk menjadi penanggung jawab atau PIC suatu project. Jika tidak, sulit bagi perusahaan untuk melihat karakter pemimpin dalam diri Anda.

  • Jarang memberi ide dan solusi

Setiap karyawan harus belajar untuk berpikir kritis, serta tidak malu berpendapat, apa lagi hanya mengikuti arus. Karyawan juga harus berani menawarkan ide-ide unik maupun solusi yang cerdas dalam memecahkan permasalahan perusahaan. Seandainya Anda mempraktikkan semua itu, pasti kualitas diri Anda akan meningkat. Atasan pun akan memandang Anda sebagai sosok yang cakap untuk menjadi pemimpin.

  • Sikap dan perilaku Anda diragukan

Untuk dapat menduduki posisi yang lebih tinggi, bukan hanya kecerdasan dan keahlian saja yang dicari, tapi juga tingkah laku. Jika tingkah laku Anda tidak mencerminkan pribadi yang positif, berwibawa, bertanggung jawab, serta dapat diandalkan, bagaimana atasan akan merelakan Anda untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar?

Di samping itu, ada satu hal lain yang bisa menjadi penyebab Anda tak kunjung mendapatkan promosi, yaitu kesempatan berkarier di perusahaan itu sendiri. Sejumlah perusahaan—meskipun memberikan kompensasi yang menarik, lingkungan kerja yang nyaman, serta work-life balance yang baik—memang tidak memikirkan jenjang karier bagi karyawannya. Akibatnya, tak peduli seberapa kuat usaha dan tekad Anda untuk berkontribusi pada perusahaan, peluang untuk menduduki posisi yang lebih tinggi tetap saja kecil.

Kalau sudah begini, keputusan ada di tangan Anda. Apakah Anda ingin tetap bertahan, atau mencari peluang di tempat lain? Nah, apabila Anda mengambil pilihan kedua, pastikan Anda tidak lupa untuk selalu mencari tahu seluk beluk perusahaan tujuan Anda di Jobplanet, terutama jenjang kariernya. Ingat, walaupun impian gagal terwujud di satu tempat, bukan berarti Anda tidak bisa sukses di tempat lain.

 

(Artikel ini juga dapat dibaca di Kompas.com)

Comments

comments