Rakuten Gulung Tikar, Ini Kesan Para Karyawan Sebelum Meninggalkan Perusahaan

Rakuten_kanji_logo

 

Rakuten, sebuah raksasa e-commerce asal negeri Sakura, Jepang akan resmi menutup operasinya di Indonesia pada tanggal 1 Maret 2016. Kabarnya bisnis Rakuten tidak mampu bersaing dengan layanan marketplace lain, seperti Lazada, Tokopedia dan Bukalapak. Namun, rupanya keputusan ini juga merupakan bagian dari strategi global Rakuten.

Rakuten pun terpaksa memberhentikan 150 karyawannya yang tersebar di tiga negara, yakni Indonesia, Singapura, dan Malaysia.  Sebagai perusahaan ekspansi dari Jepang, Rakuten di Indonesia memberikan kesan tersendiri bagi karyawannya. Apalagi selama bekerja mereka juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke negara tersebut.

Bos Jepang nya lumayan asik dan orang-orangnya pada seru yah kalo menurut saya. Tunjangan dan semua benefit juga okay. Kalo di Jepang perusahaan ini bergengsi banget. Ada kesempatan untuk sering-sering dinas ke Jepang juga…” – Karyawan IT

Budaya kerja Jepang yang dikenal dengan kedisiplinannya yang ketat memang memberi keuntungan bagi karyawan Rakuten, tapi di saat yang sama juga disayangkan oleh mereka.

Budaya perusahaan mengikuti negara asal e-commerce ini yaitu jepang yg sangat disiplin dan daily or monthly target oriented!” Karyawan IT

… telat dikit tetap diitung potong cuti atau potong gaji” Karyawan Desain 

Di samping itu, memiliki induk usaha di Jepang juga ternyata membuat karyawan Rakuten di Indonesia agak kesulitan dalam mengambil tindakan.

… Sulit untuk membuat perubahaan karena harus mengikuti sistem dari Jepang” Karyawan Sales

Meskipun hanya bertahan selama lima tahun di Indonesia, tapi Rakuten tetap meninggalkan kesan yang positif bagi para karyawannya, salah satunya sebagai tempat untuk belajar.

Tempat yang tepat untuk belajar e-commerce dan juga bisa belajar budaya kerja Jepang” Karyawan Sales

… lokasi enak dan menyenangkan, cocok buat fresh graduate yang mau belajar dan cari pengalaman” Karyawan Desain

Mundurnya Rakuten dari pasar e-commerce sebaiknya tidak menyurutkan niat Anda untuk menjajal karier di industri ini. Selama Anda memilih perusahaan yang tepat, selalu ada keuntungan yang bisa diperoleh dari berkarier di industri e-commerce, seperti halnya yang dirasakan karyawan-karyawan di atas selama bekerja di Rakuten.

Anda masih tertarik bekerja di perusahaan e-commerce pilihan Anda? Lihat dulu review langsung dari karyawannya di Jobplanet.

Comments

comments