Perlukah Pelamar Menguasai Semua Keahlian yang Disyaratkan Perusahaan?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


Pertanyaan: 

Saya ingin menjadi seorang Web Developer yang ahli dalam satu bahasa pemrograman. Tapi, saya melihat banyak lowongan mensyaratkan kemampuan banyak bahasa pemrograman, dan saya yakin jarang sekali orang yang memiliki keahlian itu. Pertanyaannya, apakah saya perlu menguasai semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan? Kalau tidak, apakah masih mungkin saya bisa diterima?

 

Jawaban:

Ketika melihat informasi lowongan yang mensyaratkan penguasaan beberapa bahasa pemrograman, ada dua hal yang harus Anda ingat:

  1. Ada kemungkinan saat ini kualifikasi yang disyaratkan oleh perusahaan sudah berubah. Perkembangan yang demikian pesat dalam industri teknologi informasi secara otomatis mengubah kebutuhan perusahaan. Web Developer yang menguasai beberapa bahasa pemrograman, khususnya bahasa pemrograman mutakhir, memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan Web Developer yang hanya memiliki spesialisasi dalam satu bahasa pemrograman. Sebab, mereka dinilai bisa melihat dari beberapa sudut pandang bahasa pemrograman untuk menciptakan aplikasi yang berkualitas dan user-friendly.
  2. Bila tidak segera mengantisipasi perubahan yang terjadi, berapa lama lagi sebelum Anda semakin sulit bersaing dengan Web Developer lain, yang berlomba-lomba meningkatkan kemampuan dalam menguasai bahasa pemrograman?

Terus kembangkan kompetensi Anda dengan berusaha mempelajari bahasa pemrograman lainnya, baik secara formal maupun informal. Bila perusahaan mensyaratkan penguasaan tiga bahasa pemrograman dan Anda menguasai dengan sangat baik dua bahasa pemrograman, masih ada kemungkinan Anda akan diproses lebih lanjut.

Akan tetapi, ketika perusahaan mensyaratkan penguasaan tiga bahasa pemrograman, dan Anda hanya menguasai satu (meskipun pada tingkat spesialis), kecil kemungkinan Anda akan diproses, karena recruiter akan mengutamakan kandidat lain yang lebih mendekati kebutuhan perusahaan.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments