Menyiasati Rasa Kantuk Saat Bekerja di Bulan Puasa

menyiasati rasa kantuk saat bekerja di bulan puasa

Beraktivitas di kantor selama bulan puasa tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang berpuasa. Bukan hanya harus menahan rasa lapar dan haus, tapi pola istirahat yang berubah juga membuat rasa kantuk sulit dihindari. Nah, “tantangan” ini biasanya akan mengganggu konsentrasi Anda dan membuat Anda hanya menunggu-nunggu jam pulang kantor dan waktu berbuka saja. Lalu, bagaimana cara menyiasatinya?

Agar tetap segar dan fokus bekerja selama berpuasa, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Manfaatkan perjalanan ke kantor

Bangun pagi usai melaksanakan sahur rasanya memang berat. Namun, mau tak mau tanggung jawab sebagai karyawan harus tetap dipenuhi. Jika Anda berangkat ke kantor menggunakan transportasi umum, manfaatkanlah waktu selama perjalanan untuk tidur. Tapi hati-hati jangan sampai kebablasan. Jika perlu, pasanglah alarm di ponsel Anda agar berbunyi pada saat biasanya Anda tiba di tempat tujuan.

2. Berhenti bekerja saat jam istirahat

Walaupun sedang berpuasa, tidak berarti Anda harus terus bekerja saat jam istirahat. Jika memungkinkan, manfaatkan jam istirahat tersebut untuk tidur. Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan menyediakan ruangan khusus bagi karyawannya untuk tidur siang, lho! Anda bisa mencari tahu apa saja perusahaan tersebut di Jobplanet. Tapi, jika perusahaan Anda tidak menyediakan fasilitas tersebut, Anda bisa sekadar bersandar di kursi dan memejamkan mata sambil menenangkan pikiran. Lagi-lagi, jangan lupa pasang alarm atau minta tolong rekan kerja untuk membangunkan Anda.

3. Mendengarkan lagu

Jika Anda tipe pekerja yang tidak mudah terganggu oleh suara, bekerja sambil mendengarkan lagu bisa menjadi solusi untuk melawan kantuk. Ketika Anda mulai sering menguap, cukup pasang earphone kemudian putar lagu-lagu kesukaan Anda. Tentu saja pilih musik yang bisa membangkitkan semangat, ya. Jangan sampai lagu yang Anda dengarkan malah membuat Anda makin mengantuk.

 4. Ajak teman mengobrol

Sesekali mengajak rekan kerja untuk mengobrol di sela-sela pekerjaan tidak menjadi masalah. Selama ia sedang tidak sibuk atau dikejar deadline, serta tidak keberatan untuk sedikit “diganggu”. Anda cukup membicarakan topik-topik ringan yang mengundang tawa sehingga dapat mengusir kantuk. Namun, tentunya Anda harus ingat kapan saatnya harus kembali bekerja.

 5. Beribadah di sela-sela pekerjaan

Selalu ingatkan diri Anda untuk berhenti sesaat dari pekerjaan, dan beribadah. Selain akan menyempurnakan puasa Anda, usai beribadah biasanya rasa kantuk seketika hilang. Semangat bekerja pun datang lagi.

6. Hindari lembur

Selama bulan puasa, setiap perusahaan biasanya melakukan pergeseran jam kerja, atau ada pula yang mengurangi waktu efektif bekerja para karyawannya. Agar tak ada tugas yang terlewatkan, ada baiknya Anda menyusun timeline kerja sendiri. Usahakan semaksimal mungkin agar Anda tak perlu bekerja overtime alias lembur, sehingga keesokan harinya Anda tetap fit dan tidak mudah mengantuk di kantor.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda. Tetap semangat, ya!

Comments

comments