Mengintip Seluk-beluk 4 Media Online Terbesar di Indonesia

Mengintip Seluk-beluk 4 Media Online Terbesar di Indonesia

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kini media massa tidak hanya dikuasai oleh media cetak dan elektronik. Kalau dulu untuk mencari informasi atau berita, kita harus membeli koran atau majalah, sekarang perilaku masyarakat sudah berbeda. Berkembangnya teknologi dan Internet telah membuat media konvensional berlomba-lomba untuk memasuki ranah online, sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengakses beragam informasi dan berita di mana saja dan kapan saja, cukup lewat aplikasi atau dengan memanfaatkan peramban (browser) pada laptop atau perangkat genggam mereka.

Dari sisi tenaga kerja, bekerja di industri media tentunya memiliki tantangan tersendiri, khususnya jika bekerja di industri media online. Bagi Anda yang tertarik menggeluti dunia media, yuk simak seluk-beluk beberapa media online terbesar di Indonesia!

Detik.com

Nama Detik.com sudah dikenal luas oleh kalangan pembaca portal berita online. Tak hanya menyajikan berita-berita aktual, media dengan nama resmi PT Agranet Multicitra Siberkom ini juga menyajikan ragam artikel informatif yang dikelompokkan ke dalam kanal detikTravel, detikFood, detikHealth, dan masih banyak lagi.

Popularitas Detik.com di tengah masyarakat bukan hanya memberi alternatif sumber informasi, tapi juga pilihan tempat berkarier buat para pencari kerja—khususnya yang tertarik dengan dunia jurnalistik. Namun, mengingat fungsinya sebagai media online, maka kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli di bidang IT juga tak kalah tinggi. Hal ini bisa dilihat dari informasi lowongan kerja Detik.com di Jobplanet, yang di antaranya mencari calon engineer dan developer.

Apabila Anda berminat untuk melamar ke Detik.com, Anda tentu penasaran kan seperti apa seluk-beluk perusahaannya? Review dari karyawan dan mantan karawannya di bawah ini mungkin bisa menjadi gambaran buat Anda.

PRO

“Benefit asuransi kesehatan dan ponsel sudah diberikan bahkan ke karyawan tidak tetap. Lingkungan dan suasana kerja seru, kreatif, penuh tantangan, menawarkan banyak peluang liputan ke berbagai daerah hingga ke luar negeri dan ke bermacam level narasumber. Sangat mendukung reporter berkembang.” – Mantan Karyawan Media

“Untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman di dunia IT, saya sangat merekomendasikan perusahaan ini. Jam kerja yang cukup fleksibel. Environment kerja juga sangat kondusif, tidak ada senioritas, ketika ada masalah saling membantu dan fokus pada solusi. Setiap bulan juga diadakan training internal membahas permasalahan dan ilmu baru di dunia IT.” – Karyawan IT

Kompas.com

Menjadi salah satu pelopor media online lokal, Kompas.com pertama kali didirikan dengan nama Kompas Online pada tahun 1995, yakni masa-masa awal Internet hadir di Indonesia. Tadinya kehadiran Kompas.com hanya ditujukan untuk menayangkan berita-berita di Harian Kompas. Namun, perusahaan kemudian memaksimalkan layanannya dengan menghadirkan perkembangan berita-berita terbaru sepanjang hari. Bahkan, dengan alamat situs yang sekarang digunakan, Kompas.com juga memperluas jangkauannya hingga ke mancanegara.

Setelah berdiri sendiri di bawah naungan PT Kompas Cyber Media (KCM), Kompas.com kian digandrungi para pencari kerja. Apalagi media ini masih bagian dari grup besar Kompas Gramedia (KG), yang dikenal dengan anak usahanya yang tersebar di berbagai sektor bisnis, mulai dari media, pariwisata, hingga pendidikan. Nah, kalau melihat perkembangan Kompas.com hingga hari ini, kira-kira seperti apa ya suasana kerja di sana?

Berikut pengakuan beberapa karyawannya:

PRO

“Untuk yang suka dunia lapangan, ini tempat yang tepat untuk memulai karir. Kompas.com memberikan kesempatan kepada semua karyawannya untuk mengeksplorasi diri, berkembang secara positif, dan menjadi expert untuk bidang yang ingin digelutinya. Dari sisi salary and bonus, cukup baik jika dibandingkan media online lainnya.”—Karyawan Media

“Kekeluargaan antar karyawan terjalin cukup baik, para karyawan tidak segan saling berbagi ilmu dan banyak membantu di lapangan.”- Karyawan Media

Liputan6.com

Berada di bawah naungan PT Kreatif Media Karya (KMK Online), Liputan6.com merupakan portal berita online yang diambil dari nama program berita milik SCTV, stasiun televisi swasta yang sama-sama merupakan bagian dari grup EMTEK. Meskipun baru didirikan tahun 2012, namun di tahun 2015 nama KMK Online sudah masuk jajaran 10 perusahaan startup yang paling diminati pencari kerja di Indonesia berdasarkan hasil riset Jobplanet. KMK Online juga masuk dalam daftar startup terbaik 2016 dengan tingkat kepuasan karyawan terhadap aspek budaya.

Berdasarkan riset yang pernah dilakukan oleh Jobplanet pada awal 2016, ada beberapa faktor yang menjadi daya tarik beberapa startup favorit pencari kerja, di antaranya budaya perusahaan serta gaji dan tunjangan.

Nah, kalau sudah membicarakan gaji, Anda pasti jadi ingin tahu berapa penghasilan yang didapat para karyawan Liputan6.com dibandingkan media-media lainnya. Ini salah satunya:

Mengintip Seluk-beluk 4 Media Online Terbesar di Indonesia

Untuk mengetahui berapa besar gaji karyawan Liputan6.com untuk posisi lainnya, Anda bisa cek informasi selengkapnya di sini.

Tribunnews.com

Memiliki jaringan kanal berita daerah terbesar di Indonesia telah menjadikan Tribunnews.com salah satu media online dengan jumlah pengunjung terbanyak. Pencapaian ini tentu semakin mendongkrak nama Tribunnews.com di mata masyarakat. Apalagi dengan bisnis media online yang masih terus tumbuh, kebutuhan akan SDM-nya juga ikut meningkat, sehingga otomatis perusahaan satu ini jadi salah satu incaran para pencari kerja.

Walaupun jaringan Tribunnews.com di Tanah Air sangat luas, namun tak berarti kesempatan untuk bekerja di sana sangat mudah. Anda harus melewati beberapa tahapan perekrutan, mulai dari ujian tertulis, interview, hingga tes kesehatan. Lalu, seperti apa pertanyaan dan materi interview yang akan Anda jumpai jika melamar ke Tribunnews.com? Berikut cuplikan pengalaman beberapa kandidat yang pernah melaluinya:

Proses Interview:

“Proses interview berjalan cepat, mulai dari tahap awal tes sampai pengumunan kerja tidak lebih dari dua minggu.” – Kandidat Media. Hasil Lulus.

Pertanyaan dan Materi Interview:

“Berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Contoh: Karena saya wartawan olahraga, maka saat interview ditanya seputar wawasan olahraga.” – Kandidat Media. Hasil Lulus.

Jika Anda ingin mengetahui kisi-kisi interview di media online lainnya, Anda dapat mempelajarinya di sini.

Nama besar yang diraih oleh keempat media di atas tentu tidak serta merta mereka dapatkan begitu saja. Butuh waktu dan proses yang panjang untuk sampai di titik tersebut. Tak hanya konten yang up-to-date, namun kualitas dan kebenaran informasi juga menjadi syarat utama bagi media dalam menyajikan berita.

Nah, apakah menurut Anda Detik.com, Kompas.com, Liputan6.com, dan Tribunnews.com sudah memenuhi semuanya? Lantas, sebagai pencari kerja, yang mana dari keempat media besar tersebut yang paling menarik perhatian Anda?

Comments

comments