Mengapa Cari Kerja Tak Perlu Tunggu Wisuda?

mengapa cari kerja tak perlu tunggu wisuda

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Sebagai akhir dari pergulatan seorang mahasiswa, wisuda pun dianggap sebagai titik awal perjuangan di dunia kerja. Padahal, Anda tak perlu menunggu acara pengesahan kelulusan ini untuk berburu pekerjaan. Anda sudah bisa—bahkan disarankan—memulai perjuangan tersebut jauh sebelum hari wisuda. Mengapa?

Berikut beberapa alasannya:

1. Kesempatan terbuka lebar

Tidak semua perusahaan mensyaratkan ijazah kelulusan bagi fresh graduate yang melamar pekerjaan. Banyak juga yang membuka kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menunggu wisuda. Paling tidak, yang mereka minta adalah surat keterangan lulus sidang yang disertai dengan tanggal wisuda. Untuk membuat surat keterangan tersebut, Anda cukup mengajukan permohonan ke pihak kampus. Jadi kalau perusahaan memperbolehkan, kenapa kesempatan itu Anda sia-siakan?

2. Proses rekrutmen tidak sebentar

Rekrutmen di sejumlah perusahaan, misalnya perusahaan BUMN, bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Jika saat ditelusuri di sini ternyata perusahaan incaran Anda termasuk salah satu yang proses rekrutmennya cukup lama, artinya Anda bisa menghemat waktu dengan mengirimkan lamaran jauh sebelum wisuda.

3. Mengisi waktu

Daripada menantikan wisuda tanpa berbuat apa-apa, bukankah lebih baik jika waktu “menganggur” Anda diisi dengan sesuatu yang menghasilkan? Anda tidak harus langsung menjadi karyawan tetap. Mengawali karier sebagai karyawan magang juga bagus untuk pengalaman serta pengembangan keahlian Anda.

Nah, agar perjalanan karier Anda lebih mulus, carilah perusahaan yang menjadikan program magang sebagai jalan untuk menyaring karyawan yang berkualitas. Apabila performa Anda memuaskan, maka usai magang Anda bisa langsung diangkat sebagai karyawan tetap!

 4. Sukses lebih awal

Mencari kerja lebih awal berarti Anda sudah selangkah lebih maju dari sesama mahasiswa yang masih bersenang-senang menikmati kebebasan sambil menunggu wisuda. Selama Anda konsisten dalam bekerja keras, bisa dipastikan kesuksesan segera menanti di depan Anda. Kalau diberi kesempatan untuk sukses lebih awal, kenapa harus menunggu nanti?

5. Lowongannya sudah tersedia

Tak perlu menunggu wisuda kalau informasi lowongan kerjanya tersedia sepanjang tahun. Selain lewat job fair, ada pula berbagai situs pencarian kerja yang dapat Anda akses kapan pun dan di mana pun, salah satunya Jobplanet.com. Cukup dengan masuk ke fitur Lowongan di situs tersebut, Anda sudah bisa langsung menelusuri berbagai informasi lowongan kerja sesuai kebutuhan Anda.

Comments

comments