Kelebihan yang Bisa Diperoleh Karyawan dengan Kemampuan Multibahasa

Karyawan dengan Kemampuan Multibahasa

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Apabila Anda menyimak, banyak iklan lowongan kerja saat ini mensyaratkan kemampuan bahasa asing. Perusahaan multinasional terutama, mengharuskan pelamar untuk setidaknya menguasai Bahasa Inggris. Jika kandidat menguasai lebih dari satu bahasa asing, tentunya hal itu akan menjadi nilai lebih di mata perusahaan.

Sayangnya, masih ada pencari kerja yang menyepelekan kemampuan berbahasa asing. Alih-alih merespons secara positif dan berupaya untuk memelajari bahasa asing, mereka justru menyayangkan perusahaan yang menyeleksi pelamar menggunakan bahasa asing. Padahal, ada banyak nilai lebih yang bisa diperoleh seorang kandidat atau karyawan yang menguasai lebih dari satu bahasa.

Berikut ini empat kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki kemampuan multibahasa:

1. Menambah “nilai jual”

Kemampuan Anda dalam berbahasa asing dapat membantu perusahaan dalam banyak hal. Sebagai contoh, jika perusahaan banyak berhubungan dengan rekanan atau klien dari luar negeri, maka keberadaan Anda akan sangat menguntungkan mereka. Nah, selain bernilai bagi perusahaan, kemampuan ini juga bisa menambah “nilai jual” Anda saat melamar pekerjaan dan melakukan negosiasi gaji.

2. Lebih dipandang

Tidak semua orang menguasai lebih dari satu bahasa. Jadi, jika Anda memiliki kemampuan multibahasa, tentunya Anda akan lebih dipandang dan diandalkan di lingkungan kerja. Jika seseorang sudah dipandang sebagai sosok yang memiliki kompetensi tinggi, maka umumnya ia juga akan lebih mudah mengembangkan karier yang cemerlang.

3. Mendapat lebih banyak kesempatan

Apabila perusahaan sudah mengandalkan Anda, biasanya perusahaan juga akan membuka lebih banyak kesempatan bagi Anda. Misalnya, mengirim Anda ke luar negeri untuk mewakili perusahaan dalam sebuah agenda internasional. Tentu saja tidak semua orang bisa mendapatkan kepercayaan seperti ini.

4. Memiliki network yang luas

Kepercayaan yang diberikan perusahaan kepada Anda tentunya bisa membantu Anda dalam memperluas network atau jejaring profesional. Mengingat Anda memiliki banyak ruang untuk mempertajam kemampuan berbahasa asing dengan para native speaker, maka jejaring yang Anda miliki pun bisa berasal dari berbagai belahan dunia. (Baca juga: 4 Tempat Terbaik untuk Membangun Jaringan Sosial)

Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar bahasa asing itu sulit. Padahal, di dunia yang serba digital ini ada banyak sekali cara mudah untuk mempelajari bahasa asing. Bahkan Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang atau menghadiri kelas khusus. Nah, jika Anda ingin melamar kerja, tapi Bahasa Inggris Anda masih pas-pasan, lima cara ini dapat menjadi jalan keluarnya.

Comments

comments