Ragam Inovasi Industri Media Online di Indonesia

Ragam Inovasi Industri Media Online di Indonesia

Perkembangan industri media online yang semakin pesat melahirkan banyak situs media pendatang baru. Agar dapat bersaing dengan media-media online besar di Indonesia yang sudah lebih dulu berjaya, media-media baru ini tidak sekadar menyajikan artikel berisi berita-berita terkini, tapi juga melahirkan berbagai inovasi baru yang menjadi keunikannya masing-masing.

Jika Anda penasaran dengan inovasi yang bisa ditemui di sejumlah media online baru di Indonesia, simak ulasan berikut ini:

  • Adu kreativitas

Salah satu tantangan bersaing di era new media adalah mengemas konten sekreatif mungkin. Misalnya, menyajikan berita dalam bentuk gambar dan video yang didukung dengan ilustrasi dan diagram-diagram menarik. Cara ini bukan hanya mencuri perhatian para pengguna Internet dengan cepat, tapi juga bertujuan agar informasinya mudah dipahami.

Tirto.id dan Beritagar.id bisa menjadi contoh. Untuk mendukung konten yang disajikan, Tirto.id mengangkat topik-topik yang sedang menjadi tren, kemudian menyajikannya dalam bentuk infografik. Penggunaan ilustrasi tokoh-tokoh ternama juga cukup menjadi ciri khasnya. Begitu pula dengan Beritagar.id yang memperkaya kontennya dengan infografik dan juga komik. Dengan begitu, keinginan pembaca untuk menyebarkan informasi dari kedua situs tersebut semakin meningkat.

  • Menjadi citizen media

Dengan menjamurnya media online, kesempatan masyarakat untuk menjadi “jurnalis” semakin terbuka lebar. Melalui aktivitas yang dinamakan citizen journalism, orang-orang dengan latar belakang apapun bisa membuat tulisan yang diunggah di dunia maya. Selain untuk menuangkan isi pikiran, serta menyalurkan hobi dan skill menulis, aktivitas ini juga bisa berbuah ketenaran ketika artikel mereka tersebar luas.

Kumparan.com, Opini.id, dan Selasar.com, adalah beberapa contoh situs online yang juga berperan sebagai wadah citizen journalism. Kehadiran ketiganya turut melengkapi Kompasiana.com yang sudah lebih dulu dikenal sebagai blog milik masyarakat. Selain itu, konsep serupa namun lebih segar juga diusung oleh IDNTimes.com dan Hipwee.com yang mengedepankan konten-konten ringan dan variatif, serta menggunakan gaya bahasa yang sangat akrab dengan anak muda.

  • Menggunakan konsep jejaring sosial

Perilaku masyarakat yang seakan tak bisa lepas dari peran teknologi rupanya dimanfaatkan dengan baik oleh media online. Banyak media baru yang kemudian memaksimalkan kesempatan ini dengan cara menggabungkan konsep portal berita dengan situs jejaring sosial.

Sebagai contoh, di Kumparan.com Anda tak hanya sekadar bisa menikmati bacaan dan membuat tulisan saja, tapi juga berpartisipasi aktif untuk memberi komentar, serta mengikuti akun-akun dengan topik tertentu layaknya yang Anda lakukan di Twitter atau Instagram. Dengan begitu, Anda tak akan ketinggalan artikel terbaru dari akun-akun favorit Anda.

  • Mengupas berita secara mendalam

Jika situs-situs media online lain fokus pada peristiwa yang baru terjadi dan sedang hangat-hangatnya, namun tak jarang disajikan dengan sangat singkat, pendekatan yang berbeda dilakukan oleh sejumlah media online baru. Mereka tak hanya mengejar “kecepatan”, tapi justru berusaha untuk menghadirkan berita yang dikupas secara mendalam.

Tirto.id adalah salah satu media online yang terlihat ingin menyeimbangkan kuantitas dan kualitas. Berita-berita di situs ini disampaikan secara mendetail dengan analisis mendalam yang didasarkan pada gabungan data dari berbagai sumber. Uniknya, terkadang cara bertutur penulis seperti sengaja membuat pembaca terhanyut dalam kisah atau peristiwa tertentu.

Persaingan di industri media online yang semakin ketat mengharuskan para pendatang baru untuk menciptakan berbagai inovasi yang dapat mencuri perhatian masyarakat. Untuk merealisasikannya, peran serta dan kerja keras para karyawan di baliknya tentu sangat diharapkan. Tak heran jika sejumlah media tampak gencar membuka lowongan kerja untuk memperkuat timnya.

Nah, jika Anda tertarik terjun dalam industri media online dan merasa tertantang untuk menciptakan inovasi lainnya, Anda bisa bergabung dengan salah satu media di atas. Namun sebelum itu, untuk mengetahui media mana yang paling cocok untuk Anda, cari tahu dulu informasi mengenai review perusahaan, rata-rata gaji, hingga kisi-kisi wawancaranya di situs Jobplanet!

Comments

comments