Haruskah Melampirkan Cover Letter Bersama dengan CV?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


Pertanyaan:

Kalau saya ingin kirim lamaran ke perusahaan by e-mail, apa boleh hanya kirim CV saja atau tetap harus dengan cover letter? Masalahnya di iklan lowongan perusahaan tidak secara terang-terangan meminta pelamar untuk melampirkan cover letter. Saya khawatir kalau saya buat cover letter meski tidak diminta, isi surat saya malah menurunkan peluang saya untuk diterima. Sebenarnya seberapa penting cover letter di mata HRD? Dan seperti apa cover letter yang baik di mata mereka?

 

Jawaban:

Cover letter sebetulnya bukan merupakan dokumen wajib dalam melamar kerja. Fungsi utama cover letter adalah untuk memberikan gambaran kepada orang yang membacanya—dalam hal ini pihak recruiter atau HRD—mengenai beberapa hal berikut:

  • Tujuan

Mengapa Anda mengirimkan dokumen lamaran kerja kepada mereka?

  • Posisi

Posisi apa yang ingin Anda lamar?

  • Sumber

Dari mana Anda mengetahui lowongan kerja tersebut?

  • Alasan

Mengapa Anda berminat melamar untuk posisi tersebut?

  • Pertimbangan

Apa saja kompetensi serta pengalaman kerja dan pelatihan yang pernah Anda ikuti, yang bisa membuat Anda layak dipertimbangkan untuk maju ke tahap seleksi berikutnya?

  • Kontak

Ke mana perusahaan dapat menghubungi Anda dan kapan waktu terbaik untuk menghubungi Anda?

Meskipun bukan merupakan sesuatu yang wajib, tidak ada salahnya untuk selalu menyertakan cover letter dalam setiap dokumen lamaran kerja, karena bisa jadi satu halaman cover letter yang Anda buat berhasil membuat perusahaan lebih yakin untuk menerima Anda.

Untuk mengetahui lebih rinci bagaimana cara menulis cover letter pada e-mail lamaran kerja, Anda bisa membaca artikel di blog saya. Sementara untuk menghindari kesalahan-kesalahan pada cover letter yang bisa menggagalkan pelamar, silakan membaca tipsnya dalam artikel Joblanet ini.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments