Gaji Perempuan Lebih Tinggi dari Laki-laki? Seharusnya Tak Jadi Masalah!

gaji perempuan lebih tinggi dari laki-laki

Bagi sebagian laki-laki, memiliki pasangan dengan penghasilan yang lebih tinggi merupakan suatu persoalan. Kondisi tersebut bahkan dapat membuat mereka merasa terintimidasi atau tersaingi oleh pasangannya. “Masa, penghasilan perempuan lebih tinggi dari laki-laki?” Pandangan masyarakat umum yang masih menilai tingkat kesuksesan seseorang berdasarkan penghasilannya juga akan turut memberikan tekanan bagi laki-laki yang pasangannya bergaji lebih tinggi.

Tapi, tahukah Anda bahwa saat ini peran perempuan di dunia kerja sudah semakin diperhitungkan?  Adanya emansipasi wanita yang dulu diperjuangkan oleh Ibu Kartini tak lagi membatasi ruang gerak perempuan dalam berkarier. Jadi, Anda tak perlu heran jika menjumpai para perempuan yang mapan dalam berkarier dan memiliki gaji yang tinggi. Sebagai laki-laki, Anda pun tak perlu merasa tersaingi jika pasangan Anda termasuk dalam kriteria perempuan yang sukses.

Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Jobplanet belum lama ini, ada bidang-bidang pekerjaan tertentu yang memberikan gaji lebih tinggi kepada para perempuan ketimbang laki-laki. Di antaranya, bidang engineering serta riset dan pengembangan (R&D).

Jadi, sebagai laki-laki yang memiliki pasangan dengan gaji lebih tinggi, sepatutnya Anda merasa bangga karena hal itu membuktikan bahwa pasangan Anda adalah perempuan hebat yang juga mandiri. Jika Anda telah berumah tangga, Anda pun jadi tak perlu terlalu mencemaskan kondisi finansial keluarga.

Di era emansipasi, perempuan yang sukses dalam karier dan rumah tangga justru memiliki nilai lebih di mata laki-laki. Selain dituntut untuk membagi peran sebagai istri dan ibu, perempuan juga dituntut untuk memenuhi tanggung jawabnya di kantor. Selama pekerjaan pasangan tidak mengganggu perannya sebagai istri dan ibu, sudah seharusnya Anda mendukungnya. Dukungan ini tentu amat berarti bagi perkembangan karier serta kelanggengan hidup berumah tangga.

Hal positif lain dari perempuan yang sukses adalah, ia dapat membuat laki-laki termotivasi untuk meraih karier yang lebih tinggi serta penghasilan yang lebih baik. Jika peningkatan karier di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini dirasa terhambat, mungkin inilah saatnya Anda mencari peluang di tempat lain.

Siapapun tentu ingin bekerja di perusahaan yang menawarkan jenjang karier, berikut gaji dan benefit yang lebih baik, bukan? Untuk mencari tahu perusahaan apa saja yang menawarkan jenjang karier serta gaji dan tunjangan yang menarik, Anda bisa berkunjung ke Jobplanet. (git/wid)

Comments

comments