Gaji di Bawah UMR, Masih Perlukah Bertahan?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Saya seorang pegawai kontrak di suatu instansi pemerintahan yang berada di Surabaya. Di sini saya mendapatkan penghasilan kurang dari UMR daerah Surabaya, serta merasa sulit berkembang. Untuk mendapatkan penambahan gaji pun tidak memungkinkan karena hal itu sudah di-plot anggarannya.

Apa yang harus saya lakukan agar bisa tetap bertahan di sini? Atau apakah saya harus mencari tempat kerja yang lain? 

Mohon saran dan masukan atas permasalahan yang saya alami. Terima kasih.

 

Jawaban:

Pada prinsipnya, kita harus proaktif dalam memegang kendali penuh untuk membangun karier sesuai dengan prioritas dalam hidup. Jangan sampai kita terpengaruh untuk membangun karier di atas harapan orang lain. Misalnya, menekuni satu profesi demi memenuhi harapan orangtua, padahal kita sangat tidak menikmati pekerjaan tersebut.

Membangun karier itu ibaratnya kurang lebih sama seperti membangun rumah, yakni disesuaikan dengan karakter dan kepribadian kita, serta prioritas ruangan atau fasilitas yang harus ada agar kita merasa nyaman ketika menghuninya.

Dalam permasalahan Anda, cobalah jawab pertanyaan, “Apa yang paling saya inginkan dari sebuah pekerjaan?”

Tuliskan minimal sepuluh alternatif jawaban yang muncul di pikiran Anda, lalu dari sepuluh jawaban tersebut, pilihlah minimal tiga prioritas yang mutlak paling Anda inginkan dari sebuah pekerjaan.

Selanjutnya, coba cocokkan dengan pekerjaan yang Anda jalani saat ini, apakah pekerjaan tersebut telah memberikan tiga prioritas yang Anda perlukan?

Kalau tiga prioritas itu tidak terpenuhi semuanya, mungkin memang sudah seharusnya Anda mulai berpikir untuk pindah bekerja ke perusahaan lain, atau malah berwirausaha–bila memang Anda melihat peluang untuk melakukannya dengan modal yang tidak terlalu besar.

Berdasarkan analogi yang saya sebutkan di atas, Anda tidak harus bertahan tinggal di ‘rumah’ yang tidak bisa memenuhi prioritas kebutuhan Anda. Carilah ‘rumah’ lain yang bisa memenuhi prioritas kebutuhan Anda, sehingga Anda lebih nyaman.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments