Eskpektasi Mahasiswa Vs Realita Dunia Kerja

Eskpektasi Mahasiswa Vs Realita Dunia Kerja

Bagi mahasiswa tingkat akhir, wisuda adalah momen membahagiakan sekaligus membanggakan yang paling dinanti-nanti. Bukan hanya lepas dari beban skripsi atau tugas akhir, tapi juga perjuangan panjang sebagai peserta didik akhirnya berhasil dilewati. Para fresh graduate pun lantas tak sabar untuk mengecap dunia kerja. Sayangnya, banyak lulusan baru ini yang kemudian kecewa begitu mendapati realita di dunia kerja.

Faktanya, banyak hal di dunia kerja yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Apa sajakah itu?

1. Mencari kerja itu mudah

Hampir setiap kampus punya divisi karier. Beberapa di antaranya bahkan kerap mengadakan job fair atau kerja sama rekrutmen dengan perusahaan. Informasi lowongan kerja pun kian mudah didapatkan dengan tersedianya situs-situs lowongan kerja di Internet. Kelihatannya semua itu memang memuluskan jalan Anda. Akan tetapi, modal utama untuk mendapatkan pekerjaan ada pada diri Anda sendiri. Pasalnya, ada ribuan lulusan baru lainnya di luar sana yang juga sedang mencari pekerjaan seperti Anda.

Mencari kerja bisa semudah yang diharapkan selama Anda punya bekal pengalaman yang cukup serta sudah melakukan pencarian kerja dengan maksimal. Salah satu upaya untuk itu adalah dengan memanfaatkan situs terpercaya seperti Jobplanet.com. Persiapan Anda dalam meraih pekerjaan impian juga bisa semakin matang dengan mempelajari informasi proses seleksi dan bocoran kisi-kisi interview di sini.

2. Kerja lebih santai daripada kuliah

Memang benar bahwa di tempat kerja Anda tak lagi harus masuk kelas, mendengarkan perkuliahan, serta mengerjakan tugas, quiz, dan ujian di setiap semester. Tapi, bukan berarti Anda jadi bisa berleha-leha sambil menerima gaji setiap bulan. Ada tanggung jawab baru yang harus Anda emban, ada penyesuaian sikap dan pola pikir yang harus dilakukan, serta sejumlah tantangan dan persoalan yang belum pernah Anda temui saat berada di bangku kuliah.

Jangan khawatir, meski begitu dunia kerja tak selalu mengerikan kok. Seperti yang bisa Anda lihat di sini, sudah banyak lho perusahaan yang menciptakan suasana kerja yang fun, menerapkan budaya kerja yang kekeluargaan dan berjiwa muda, serta menyediakan fasilitas-fasilitas hiburan yang menarik. Dijamin, jika bekerja di perusahaan semacam itu, Anda akan jauh dari kata bosan. Tapi tentu saja, taklukkan dulu seleksi masuknya!

3. Bisa bersenang-senang dengan penghasilan sendiri

Jika saat kuliah Anda tak bisa sembarangan membeli barang yang diinginkan, atau hang out dengan teman-teman setiap akhir pekan, kini dengan bekerja dan memiliki penghasilan sendiri Anda tak perlu lagi bergantung pada orang tua. Meski begitu, punya penghasilan sendiri bukan berarti Anda lantas bebas bersenang-senang. Hal ini tentunya tergantung pada besaran gaji serta kemampuan Anda mengatur uang.

Di antara Anda mungkin sudah ada yang membayangkan punya gaji tinggi. Padahal, butuh waktu dan kerja keras guna mencapai jenjang tersebut. Hanya saja, jika beruntung Anda bisa bekerja di perusahaan yang memiliki standar gaji tinggi, bahkan untuk level fresh graduate. Mau tahu perusahaan apa saja yang dimaksud? Lihat saja di sini!

Comments

comments