Cuti Habis di Tengah Tahun? Ini Solusinya Agar Tak Mati Gaya

cuti habis di tengah tahun

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan, setiap karyawan yang telah bekerja selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut berhak mengambil cuti sekurang-kurangnya 12 (dua belas) hari kerja dalam setahun. Namun, perusahaan boleh menyesuaikan kebijakan tersebut. Misalnya, dengan memberikan tambahan hak cuti untuk para karyawan. Selanjutnya, giliran karyawan itu sendiri yang memutuskan seberapa bijak ia akan memanfaatkan hak cutinya.

Apabila Anda sudah kehabisan jatah cuti di pertengahan tahun, tak usah khawatir! Selalu ada solusi supaya Anda tak mati gaya meski bekerja tanpa cuti hingga akhir tahun.

1. Cek kalender tahunan

Begitu menyadari bahwa Anda sudah tidak memiliki hak cuti, segera cek kalender dan tandai semua tanggal libur nasional yang tersisa. Agar lebih mudah, Anda bisa download kalender Jobplanet yang lengkap dengan info libur nasional serta cuti bersama. Libur nasional yang jatuhnya tepat sebelum atau sesudah akhir pekan bisa Anda manfaatkan untuk traveling.

2. Atur waktu kerja dengan baik

Dengan kesempatan libur yang terbatas, Anda tentu tak ingin terlalu sering bekerja overtime. Untuk itu, pandai-pandailah mengatur waktu kerja agar ketika hari libur Anda bisa pergi traveling, dan bukan malah tetap masuk kantor karena dikejar deadline.

3. Cari tempat wisata terdekat

Inilah kesempatan Anda untuk mengeksplorasi tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Beberapa destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan Anda di antaranya, pantai, gunung, air terjun, hutan pinus, serta wisata alam lainnya. Wisata kuliner juga merupakan opsi menarik dan bisa dilakukan dalam sehari tanpa perlu bermalam.

4. Maksimalkan libur akhir pekan

Walaupun hanya libur dua hari, tapi tidak menutup kemungkinan Anda bisa traveling ke luar kota bahkan ke luar negeri saat akhir pekan. Cukup berangkat pada hari Jumat sepulang kantor, dan pulang pada Minggu malam. Namun, tentu saja Anda harus siap dengan tenaga yang akan terkuras, serta biaya transportasi dan akomodasi yang biasanya lebih mahal.

Sejumlah perusahaan memberikan keistimewaan bagi para karyawannya dengan memberikan jumlah cuti yang lebih banyak dari perusahaan lainnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh dua perusahaan berikut:

cuti habis di tengah tahun

 

cuti habis di tengah tahun

Seandainya perusahaan Anda punya kebijakan yang sama, Anda tentu tak perlu terlalu khawatir akan cepat kehabisan cuti, bahkan sekalipun harus dipotong dengan cuti bersama. Penasaran dengan perusahaan-perusahaan lain yang menerapkan kebijakan yang tidak biasa? Langsung saja kunjungi Jobplanet untuk mencari tahu!

Comments

comments