Bisakah Seorang Introvert Bekerja di Bidang Sales?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Halo Jobplanet,

Saya baru lulus kuliah dan masih mencari-cari pekerjaan yang cocok. Saya amati profesi sales cukup menjanjikan. Selain pekerjaannya menantang, tim sales juga bisa mendapatkan bonus yang melengkapi gaji bulanan mereka. Meski begitu, saya tahu pekerjaan ini lebih cocok untuk mereka yang memang pandai berkomunikasi, sementara saya sendiri seorang introvert. Saya sadar skill bisa dipelajari, tapi saya juga sering mendengar kalau kita akan lebih sukses jika mengerjakan sesuatu yang memang sesuai dengan kepribadian.

Pertanyaan saya, bisakah saya menjadi tenaga sales yang sukses meskipun saya seorang introvert? Ataukah lebih baik saya mencari pekerjaan yang memang lebih sesuai dengan kepribadian saya?

Mohon masukannya.

 

Jawaban:

Saya 100% sepakat dengan apa yang Anda tulis, bahwa kita akan lebih sukses jika mengerjakan sesuatu yang memang sesuai dengan kepribadian atau karakter kita, dan sesuai pula dengan minat, bakat, serta preferensi kerja kita.

Untuk posisi sales, bila kita analisa secara umum, kurang lebih karakter dan keahlian yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Nyaman bekerja dalam tekanan dan tidak mudah menyerah, karena orang sales selalu dikejar target penjualan dalam periode tertentu; bisa target bulanan, target per kuartal, target per semester, maupun target tahunan.
  2. Selalu optimistis dan fokus pada solusi dari setiap permasalahan yang dihadapinya.
  3. Memiliki keahlian negosiasi dan kemampuan komunikasi yang mumpuni.
  4. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk menjalin hubungan dengan orang-orang baru, yang bisa jadi merupakan calon pelanggan, calon vendor, maupun calon mitra kerja.
  5. Memiliki keinginan yang kuat untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri.

Nah, bila kita tengok lagi kelima hal yang disebutkan di atas, Anda bisa mengukur apakah Anda akan cocok atau tidak bekerja sebagai sales.

Ini contoh pengalaman saya. Saya pernah bekerja sebagai lawyer (pengacara) dan saya memang bisa bekerja sebagai lawyer. Akan tetapi, salah satu karakter mendasar yang menjadi syarat untuk menjadi lawyer yang sukses adalah memiliki ketelitian dan kemampuan untuk fokus pada detail. Sementara, saya bukanlah orang yang demikian.

Bila saya terus memaksakan diri untuk menjadi lawyer, tentunya saya tidak akan bisa memberikan kualitas kerja sebagaimana rekan-rekan saya yang sangat cermat memperhatikan hal-hal kecil dalam dokumen-dokumen hukum setebal ratusan halaman.

Sama halnya dengan Anda yang seorang introvert. Anda tentunya bisa bekerja di bidang sales, tapi untuk menjadi seorang salesperson yang sukses, Anda harus belajar untuk menjadi orang yang lebih terbuka atau extrovert. Anda bisa juga memulai bekerja di bagian inside sales sebagai telemarketer, untuk meminimalisir interaksi atau tatap muka secara langsung dengan calon pelanggan.

Sepengetahuan saya, tidak sedikit top salesperson di perusahaan telemarketing yang justru dalam kehidupan sehari-harinya adalah orang yang relatif introvert. Jadi, kalau memang Anda tertarik di bidang sales, ini merupakan salah satu alternatif profesi yang bisa Anda jajaki.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments