Bagaimana Menjawab Pertanyaan tentang Alasan Pindah Kerja?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Saya sudah 2 tahun kerja di tempat kerja sekarang dan rencananya akan resign kalau sudah dapat pekerjaan baru. Alasannya saya sudah sangat tidak nyaman karena manajemennya sangat buruk dan gajinya pun bisa dibilang di bawah rata-rata. Apalagi, setelah dapat THR kemarin saya makin semangat dan gencar cari lowongan di sana-sini.

Pertanyaan saya, kalau nanti saya mendapat panggilan interview, apa yang harus saya katakan kepada HRD jika mereka menanyakan alasan saya mencari pekerjaan baru? Tentunya saya tidak mau memberi kesan jelek terhadap tempat kerja saya sekarang. Kebetulan ini pekerjaan pertama saya jadi saya belum punya pengalaman seperti ini.

Terima kasih.

Jawaban:

Dengan pengalaman kerja selama dua tahun, bisa dikatakan Anda memang belum seharusnya memikirkan untuk pindah kerja. Namun, mengingat Anda merasa manajemen perusahaan sangat buruk dan gaji yang Anda terima di bawah rata-rata, tentunya hal tersebut bisa menjadi salah satu alasan pembenar untuk mulai mencoba melamar pekerjaan di perusahaan lain yang dirasa lebih baik dalam segala hal.

Yang harus diingat adalah, seperti yang sudah Anda sampaikan, jangan pernah berbicara buruk tentang perusahaan tempat Anda bekerja sekarang. Ketika ditanya apa alasan Anda mencari pekerjaan baru, cobalah untuk memfokuskan jawaban pada aspirasi karier Anda dan apa yang dapat Anda kontribusikan pada perusahaan tersebut dengan keahlian yang Anda miliki.

Apa yang ingin Anda dapatkan di perusahaan tersebut selain uang? Bagaimana hal tersebut sesuai dengan aspirasi karier Anda ke depannya? Bagaimana pula Anda dapat memberikan kontribusi nyata pada perusahaan yang dilamar dengan keahlian yang Anda miliki, yang mungkin tidak dapat diperoleh perusahaan dari para kandidat lainnya?

Tentunya pertanyaan terkait dengan alasan pindah kerja hanya satu hal kecil yang harus Anda persiapkan ketika menghadapi interview. Pelajari berbagai jenis pertanyaan yang mungkin akan dihadapi pada saat interview dengan membaca kisi-kisi pertanyaannya di situs Jobplanet.

Semoga sukses mendapatkan pekerjaan di perusahaan baru.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments