Bagaimana Cara Terbaik Menghadapi Atasan yang Genit?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email tanya@jobplanet.com dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seprofesi di Forum Jobplanet.


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Saya punya atasan yang sering berlaku genit terhadap karyawan-karyawan perempuannya. Ia bahkan berani menggoda kawan saya lewat WhatsApp. Hal ini membuat saya dan rekan-rekan di kantor merasa tidak nyaman, tapi tidak ada dari kami yang berani melawan dengan tegas atau melaporkannya pada HRD karena khawatir akan menimbulkan masalah baru atau membuat posisi kami di kantor menjadi sulit.

Saya mau tanya, bagaimana cara yang paling baik untuk menghadapi atasan seperti ini, tanpa mengorbankan karier saya atau teman-teman di kantor? Apakah sebenarnya ada aturan yang mengatur masalah ini?

 

 

Jawaban:

Saran saya sederhana: jangan pernah bereaksi negatif dalam menyikapi atasan yang sering berlaku genit, selain mengingatkan secara tegas bahwa perbuatannya membuat para karyawan wanita menjadi kurang nyaman. Bukan berarti karena Anda bawahan lalu kelakukan buruk atasan Anda biarkan, tapi minimal Anda dan rekan-rekan wanita lainnya harus berani bersikap.

Anda harus semakin berani bersikap dengan melaporkan kepada HRD atau bahkan Presiden Direktur perusahaan, bila perlakuan atasan tersebut mulai mengarah pada pelecehan seksual, baik yang sifatnya verbal maupun non-verbal.

Bila memang mulai mengarah ke pelecehan seksual, kumpulkan bukti dan segera laporkan kepada HRD atau Presiden Direktur perusahaan. Korban pelecehan seksual bahkan bisa melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib—dalam hal ini pihak kepolisian—untuk menindaklanjuti apa yang diduga sebagai perbuatan pidana, dengan dasar hukum Pasal 335 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atas tuduhan Perbuatan yang Tidak Menyenangkan.

Bila perbuatan atasan terus berkelanjutan dan sudah membuat Anda serta rekan-rekan wanita semakin tidak nyaman, kenapa harus bertahan? Anda memiliki pilihan untuk keluar demi mempertahankan harga diri, serta kehormatan sebagai wanita yang sudah seharusnya mendapat respek dari siapapun di lingkungan kerja.

Agar terhindar dari lingkungan kerja yang negatif seperti ini lagi, ada baiknya sebelum pindah kerja telusuri dulu seluk-beluk calon perusahaan baru Anda di Jobplanet.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments