Apakah Pelamar D3 Lebih Sulit Dapat Kerja?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


Pertanyaan:

Saya mahasiswa D3 jurusan Public Relations di salah satu akademi swasta di Jakarta, yang sedang memasuki paruh semester mendekati Praktik Kerja Lapangan (PKL). Yang jadi kekhawatiran saya, ada anggapan bahwa perusahaan cenderung mendiskreditkan mahasiswa D3 ketimbang S1 dalam seleksi penerimaan mahasiswa program internship. Benarkah isu tersebut?

 

Jawaban:

“Mendiskreditkan” sepertinya istilah yang terlalu berlebihan dalam konteks ini, karena saya sering melihat perusahaan-perusahaan besar yang membuka kesempatan internship dengan peluang yang sama besarnya untuk mahasiswa S1 maupun D3. Hanya memang ada sejumlah perusahaan yang berdasarkan berbagai pertimbangan internal, mensyaratkan bahwa peserta program internship harus dari jalur S1.

Ketika kesempatan internship yang diberikan kepada mahasiswa S1 dan D3 sama besarnya, tapi pada akhirnya yang diterima lebih banyak dari mahasiswa S1, hal tersebut bukan disebabkan adanya upaya dari perusahaan untuk “mendiskreditkan” mahasiswa D3. Pada prinsipnya, perusahaan pasti akan berusaha memilih peserta program internship yang memiliki perpaduan karakteristik tertentu sesuai dengan kebutuhan mereka, terlepas dari latar belakang jalur pendidikannya.

Daripada Anda mengkhawatirkan anggapan-anggapan negatif mengenai mahasiswa D3, ada baiknya Anda fokus menjalankan upaya untuk meraih kesempatan internship di perusahaan yang Anda idamkan. Cari tahu kualitas dan karakteristik seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dari peserta internship, lalu persiapkan diri Anda dengan senantiasa meningkatkan serta memperbaiki kemampuan diri agar melampaui standar minimal yang disyaratkan oleh perusahaan.

Bila Anda mampu menunjukkan kualitas diri yang melampaui ekspektasi perusahaan, tidak hanya ketika mengikuti seleksi tapi juga selama menjalani program internship, tidak menutup kemungkinan setelah lulus kuliah perusahaan akan langsung memberi Anda tawaran pekerjaan. Sebetulnya inilah yang diharapkan oleh perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan program internship, yakni mendapatkan calon pegawai berkualitas yang sudah memahami bagaimana perusahaan tersebut beroperasi. Dengan demikian, baik perusahaan maupun peserta internship sama-sama beruntung.

Semoga Anda sukses memperoleh kesempatan internship yang berguna bagi pengembangan karier Anda!


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments