Apa yang Harus Dilakukan Jika Sulit Dapat Kerja Karena Lulusan SMK?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Dear Jobplanet,

Saya kesulitan mencari pekerjaan dengan status pendidikan saya yang hanya lulusan SMK. Niat saya bekerja sembari meneruskan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, ketika ada pekerjaan kantor, jam kerjanya sama dengan waktu kuliah saya. Selain itu, karena hanya lulusan SMK, saya diberi gaji yang tidak mencukupi untuk dapat membiayai kuliah, karena saya tinggal di Jakarta dan juga harus menyewa kost.

Apa saran Jobplanet untuk orang-orang yang hanya lulusan SMK seperti saya?

Terima kasih.

 

Jawaban:

Sebelum mencari pekerjaan baru yang bisa memberikan penghasilan lebih baik, serta waktu yang lebih fleksibel agar Anda bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, menurut saya yang harus dibenahi pertama kali adalah mindset Anda.

Jangan pernah menyebut diri Anda “hanya lulusan SMK”, karena itu artinya tanpa disadari Anda sudah merendahkan kemampuan diri sendiri, dan membuat batasan mengenai segala kemungkinan terbaik yang bisa diperoleh oleh lulusan SMK ketika terjun ke dunia kerja.

Ubahlah cara berpikir Anda dengan menghilangkan kata “hanya”. Sebab, dengan berpikir “saya hanya lulusan SMK”, maka itu seakan-akan menjadi alasan atau pembenaran atas segala situasi tidak ideal yang sedang Anda alami saat ini.

Sebaliknya, dengan berpikir “saya lulusan SMK”, maka itu akan memberikan kesan positif pada diri sendiri, membuka segala kemungkinan, serta alternatif karier yang bisa Anda jajaki dengan mengandalkan latar belakang pendidikan dan keahlian yang Anda pelajari di bangku SMK.

Setelah berhasil mengubah mindset, selanjutnya coba evaluasi kembali apa yang menjadi keahlian Anda, apa yang menjadi minat Anda, dan hal positif apa yang betul-betul Anda sukai, di mana setiap kali Anda melakukannya, waktu terasa berlalu dengan lebih cepat.

Penghasilan yang diperoleh seseorang sedikit banyak merupakan cerminan dari kemampuannya dalam mengenali karakter pribadi, dengan mengoptimalkan berbagai kelebihan diri yang dimiliki, serta meminimalisir kekurangan yang ada.

Satu-satunya yang bisa dilakukan untuk permasalahan Anda hanyalah dengan melakukan evaluasi diri seperti yang saya sampaikan di atas. Dengan begitu, harapannya Anda bisa menemukan berbagai langkah alternatif untuk memperbaiki karier Anda.

Ingat selalu bahwa Anda adalah pemegang kendali penuh dalam upaya menemukan profesi yang betul-betul Anda sukai. Bila diibaratkan bangunan, maka profesi yang Anda tekuni adalah pondasinya, dan di atas pondasi itulah Anda bisa membangun karier yang cemerlang. Dengan karier yang cemerlang, maka dengan sendirinya kesempatan untuk memperoleh pekerjaan dengan penghasilan yang lebih baik pun akan terbuka lebar.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments