Alasan Mengapa Industri Perbankan Diminati Pencari Kerja

industri perbankan

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Berdasarkan riset yang dilakukan Jobplanet pada kuartal pertama tahun 2017, atau sejak Januari hingga pertengahan Maret 2017, terungkap lima industri yang paling banyak membuka lowongan kerja. Kelima industri tersebut di antaranya, industri manufaktur, industri pelayanan, industri ritel dan distribusi, industri teknologi informasi (TI), serta industri konstruksi dan bangunan.

Menariknya, industri perbankan–yang tidak banyak membuka lowongan–justru menjadi salah satu industri yang paling diminati oleh pencari kerja. Temuan ini didapat dari jumlah kunjungan ke laman-laman informasi lowongan kerja di Jobplanet.com. Hal ini lantas memunculkan rasa penasaran, mengapa perbankan masih menjadi primadona di mata para pencari kerja?

  • Industri yang bergengsi

Menjadi bagian dari salah satu bank terbaik di Indonesia menjadi sebuah kebanggaan dan bergengsi. Perusahaan yang sangat luas jaringannya. Mantan Karyawan Customer Service/Pelayanan Bank Mandiri

Dunia perbankan diwarnai oleh sejumlah nama yang telah eksis selama belasan hingga puluhan tahun, baik di sektor BUMN maupun swasta. Karier di perbankan pun dianggap sebagai kesempatan emas yang tak boleh disia-siakan. Bagaimana tidak? Selain bergengsi, persaingan menaklukkan tes saringan masuknya juga terbilang ketat.

“Proses seleksi dimulai dengan seleksi administrasi, kemudian apabila dinyatakan lulus maka akan mengikuti tes psikotest antara lain tes verbal, numerik, visual, Kraeplin-Pauli, menggambar pohon dan manusia, EPPS, dan diakhiri dengan wawancara psikologis. Apabila dinyatakan lulus, maka proses seleksi selanjutnya adalah interview HRD, interview user, MCU, dan tanda tangan offering letter.” Staff Finance/Akunting BCA

 

  • Paket kompensasi yang menarik

Salah satu citra industri perbankan yang cukup melekat adalah kelebihannya dalam mensejahterakan karyawan. Kabarnya, karyawan bank menerima paket kompensasi yang menggiurkan, di mana nilainya bisa mencapai berkali lipat gaji pokok. Hal ini lantas memperkuat daya pikat bank-bank kenamaan Indonesia di mata para pencari kerja. Namun, benarkah faktanya demikian?

Benefit kesehatan yang diberikan lengkap. Ada tunjangan asuransi untuk keluarga dan tunjangan bonus dua kali setiap tahunnya di luar bonus hari raya. Mantan Karyawan Customer Service / Pelayanan BNI

Benefit dan fasilitas yang sangat baik. Tunjangan Hari Raya, Tunjangan Cuti, Tunjangan Kesehatan, dan kendaraan operasional untuk sales Karyawan Sales BRI

Sekarang tidak heran kan mengapa lowongan kerja perbankan selalu diburu? Jika Anda ingin membandingkan kompensasi yang diterima karyawan perusahaan perbankan lainnya, temukan informasi selengkapnya di sini.

 

  • Work-life balance

Perusahaan yang memiliki work-life balance haruslah mampu menyeimbangkan antara beban kerja karyawan dengan kesempatan mereka untuk menikmati kehidupan pribadi. Hal ini salah satunya ditandai dengan waktu kerja yang berada pada taraf normal. Nah, jika mengamati jam operasional dan layanan bank yang terbatas, masuk akal kan bagaimana karyawannya bisa puas dengan work-life balance perusahaan?

Menurut riset yang dilakukan Jobplanet pada Januari 2016, dari penilaian 1 sampai 5, rata-rata tingkat kepuasan karyawan terhadap work-life balance di beberapa bank terbesar di Indonesia, yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI, berada di angka 3,2. Sementara itu, tingkat kepuasan tertinggi diraih oleh BCA sebagai bank swasta, tepatnya di angka 3,8.

 

Nah, kira-kira dari keempat bank di atas, manakah yang paling menarik bagi Anda?

Comments

comments