Industri dan Bidang Pekerjaan yang Paling Banyak Membuka Kesempatan bagi Pencari Kerja di Awal 2017

lowongan kerja

Jakarta, 31 Maret 2017 – Banyak orang menjadikan momen menjelang akhir tahun sebagai saat untuk mencari kesempatan kerja di tempat yang baru. Meski begitu, banyak pula pencari kerja yang tak mengenal waktu mencari kesempatan untuk mengembangkan karier di tempat yang lebih baik.Selain melakukan riset tentang industri dan bidang pekerjaan yang banyak membuka kesempatan bagi para pencari kerja, Jobplanet juga menganalisis industri apa saja yang paling diminati oleh pencari kerja pada kuartal pertama tahun 2017. 

Hal itu mendorong Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, melakukan riset untuk menganalisis industri apa saja yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan, serta bidang profesi apa saja yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan di awal tahun ini.

Riset dilakukan berdasarkan informasi lowongan kerja yang terdapat di Jobplanet.com pada kuartal pertama tahun 2017 (Q1-2017), atau sejak Januari hingga pertengahan Maret 2017. Dalam riset tersebut, Jobplanet juga menganalisis industri apa saja yang paling diminati oleh pencari kerja di Q1-2017.

Industri yang paling banyak membuka lowongan kerja

“Berdasarkan analisis Jobplanet, lima industri yang paling banyak membuka kesempatan bagi para pencari kerja dalam tiga bulan pertama di tahun 2017 adalah industri manufaktur, industri pelayanan, industri ritel dan distribusi, industri teknologi informasi (TI), serta industri konstruksi dan bangunan,” papar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Perlu diketahui, konten lowongan kerja yang dipasang di Jobplanet.com sejak Januari hingga pertengahan Maret 2017 berjumlah sekitar 11.000. Dalam persentase, industri yang paling banyak membuka lowongan kerja dalam periode tersebut adalah industri manufaktur (21%) dan industri pelayanan (21%), diikuti oleh industri ritel dan distribusi (19%), industri TI (13%), serta industri konstruksi dan bangunan (7%).

Sementara itu, jenis-jenis pekerjaan yang lowongannya paling banyak dibuka adalah pekerjaan yang berhubungan dengan bidang pemasaran atau marketing (11,8%), keuangan dan akuntansi (11,7%), penjualan atau sales (10,3%), administrasi (10,3%), serta TI (8,4%).

Lowongan kerja di di bidang pemasaran misalnya, mencari tenaga telemarketing, analis pasar, digital marketing specialist, dan staf pemasaran produk. Lowongan di bidang keuangan dan akuntansi, antara lain dibuka untuk posisi akuntan, auditor, dan teller bank.

Di bidang penjualan, lowongan kerja yang paling banyak dibuka antara lain untuk posisi staf sales executive dan sales ritel. Lowongan kerja di di bidang administrasi, antara lain untuk posisi staf admin dan sekretaris. Sementara lowongan kerja di bidang TI di antaranya untuk  posisi web developer, desainer grafis,  IT planner, dan data analyst.

Industri yang diminati pencari kerja

Dalam risetnya ini, Jobplanet juga menganalisis industri apa saja yang diminati oleh pencari kerja selama Q1-2017. Analisis dilakukan berdasarkan jumlah kunjungan ke laman-laman informasi lowongan kerja di Jobplanet.com.

Jobplanet menemukan bahwa lima industri yang paling diminati oleh pencari kerja selama Q1-2017 adalah industri manufaktur (29%), pelayanan (20%), ritel dan distribusi (14%), TI (8%), serta perbankan dan keuangan (8%).

“Meski tak banyak membuka lowongan pekerjaan, industri perbankan dan keuangan termasuk dalam industri yang paling diminati oleh pencari kerja. Banyak orang memandang perbankan sebagai industri yang bergengsi serta memberikan kesejahteraan dan paket kompensasi yang menarik bagi karyawannya,” pungkas Kemas.

– SELESAI – 

Tentang Jobplanet
Jobplanet merupakan platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan. Jobplanet menyajikan beragam informasi tentang dunia kerja dari segala sisi, termasuk review perusahaan, informasi gaji, kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja, serta informasi lowongan kerja.

Kontak PR:
Restituta Ajeng Arjanti
PR Manager Jobplanet di Indonesia
[email protected]

Comments

comments