7 Tips Mendapatkan Ide Kreatif

tips mendapatkan ideKreativitas adalah salah satu kemampuan individu yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Di bidang apapun Anda bekerja, ide akan selalu dibutuhkan. Entah itu sebagai graphic designer, penulis, konsultan, dan sebagainya, kreativitas menjadi salah satu syarat utama agar Anda bisa bertahan di pekerjaan tersebut. Selain bisa menciptakan inovasi, kreativitas juga dibutuhkan untuk memecahkan masalah.

Nah, kalau Anda sering merasa kesulitan dalam mencari ide, ikuti tujuh tips berikut:

1. Aktif di media sosial

Media sosial bisa menjadi sumber inspirasi selama Anda memanfaatkannya dengan baik. Caranya, follow akun-akun inspiratif yang biasanya dimiliki oleh tokoh-tokoh kenamaan, organisasi atau komunitas, serta media online. Nantinya Anda bisa mendapat banyak ide dari hasil membaca tulisan atau menonton video-video yang dibagikan di sana.

2. Berinteraksi dengan orang-orang sekitar

Aktif di media sosial bukan berarti menjadi apatis dengan orang-orang di sekeliling Anda. Jaga selalu hubungan baik Anda dengan para sahabat dan gunakan momen kumpul bersama untuk diskusi yang bermanfaat. Di samping itu, akan lebih baik lagi kalau Anda juga bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai dengan bidang pekerjaan atau minat Anda. Semakin banyak koneksi, akan semakin banyak pula sumber inspirasi Anda.

3. Pergi berlibur

Pekerjaan dan kehidupan pribadi haruslah seimbang. Manfaatkan waktu senggang di akhir pekan atau hak cuti Anda untuk pergi berlibur. Tidak perlu ke luar kota atau luar negeri, Anda bisa mengeksplorasi lokasi-lokasi di kota tempat tinggal Anda yang belum pernah dikunjungi. Dengan mendatangi tempat-tempat baru, Anda tidak hanya bisa menghilangkan penat, tapi juga mendapat inspirasi!

4. Buat catatan

Ke manapun Anda pergi, disarankan untuk selalu mengantongi buku catatan kecil atau memanfaatkan fitur notes pada handphone Anda. Walaupun terkadang sulit dicari saat dibutuhkan, tapi inspirasi juga bisa datang secara tiba-tiba kapan saja dan di mana saja. Jadi, sebelum Anda lupa, segera catat dan kumpulkan setiap ide yang terlintas di benak Anda.

5. Istirahat

Pekerjaan yang terlalu diforsir tidak akan pernah efektif. Maka dari itu, selalu luangkan waktu untuk tidur atau istirahat cukup di sela-sela kesibukan Anda. Kondisi tubuh yang sedang tidak fit atau kelelahan bisa menghambat datangnya ide. Jadi, jangan paksakan diri jika sedang kehabisan ide. Lebih baik singkirkan laptop atau bahan pekerjaan lainnya untuk beberapa saat, lalu beristirahatlah.

6. Ngemil cokelat

Berdasarkan sebuah studi, cokelat mampu meningkatkan fungsi otak yang kemudian memacu daya kreatifitas manusia. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan makanan ini sebagai camilan saat kerja.

Menariknya di perusahaan-perusahaan berikut Anda tidak perlu kebingungan mencari camilan, karena perusahaaan sudah menyiapkannya untuk Anda!

kerja di tiket.com

Tertarik melamar ke perusahaan yang memberikan benefit seperti di atas? Temukan informasinya di sini.

7. Ruang kerja yang mendukung

Menata meja atau ruang kerja dengan foto-foto atau ornamen dipercaya memberikan banyak keuntungan, salah satunya mengembangkan kreatifitas. Hal ini sudah mulai disadari oleh banyak perusahaan. Bahkan beberapa di antaranya menciptakan ruang kerja yang dilengkapi fasilitas-fasilitas hiburan.

kerja di gameloft

Jika Anda mengidamkan bekerja di perusahaan dengan fasilitas ruang kerja seperti Gameloft, Anda bisa mencari informasinya di sini.

Comments

comments