5 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

5 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

Kisah sukses berbagai pendiri atau CEO perusahaan mungkin sudah sering Anda temukan. Bagaimana jatuh bangun perjalanan karier mereka, mulai dari nol hingga berhasil seperti sekarang. Tapi, seberapa sering Anda mendengar cerita lain di balik kesuksesan mereka?

Sebelumnya Anda sudah mengetahui lima kebiasaan pagi yang sebaiknya Anda ubah guna meningkatkan produktivitas kerja. Nah, menurut Inc.com, Anda pun bisa meniru kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan para orang sukses sebelum tidur. Apa sajakah itu?

1. Menetapkan “jam malam” untuk gadget

Di era teknologi saat ini, nyaris semua aktivitas bisa dilakukan melalui gadget. Alhasil, sejak buka mata di pagi hari sampai waktunya tidur, banyak orang yang sulit lepas dari gadget-nya. Mengecek media sosial, membaca berita, atau berkirim e-mail dengan rekan kerja pun dilakukan sepanjang hari. Meski aksesnya mudah, namun Anda harus tahu batasannya.

Orang yang sukses tak hanya pandai memanfaatkan teknologi, tapi juga tahu cara mengendalikannya. Arianna Huffington, seorang penulis asal Amerika Serikat, selalu mematikan gadget-nya 30 menit sebelum tidur, kemudian meletakkannya di luar kamar. Nah, sekarang saatnya Anda mengatur “jam malam” untuk gadget Anda sendiri.

2. Menghindari bekerja di atas tempat tidur

Division of Sleep Medicine, Harvard Medical School menganjurkan Anda untuk menyingkirkan komputer, televisi, dan pekerjaan kantor dari kamar. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda tidur. Apabila Anda tidur dengan nyenyak, pikiran jadi segar dan tenaga pun terisi penuh untuk bekerja keesokan harinya.

Agar sukses dalam bekerja, Anda disarankan untuk memisahkan area kerja dengan area istirahat. Jika tidak, bukan hanya kualitas tidur jadi terganggu, tapi kebiasaan buruk ini juga bisa memicu masalah bagi Anda yang berkeluarga. Anda boleh jadi pekerja keras, tapi ingatlah bahwa salah satu ciri orang sukses yaitu bijak dalam mengelola waktu kerja.

3. Konsisten dengan waktu tidur

Selain waktu tidur yang cukup, salah satu kunci menjaga kesehatan adalah dengan membentuk pola tidur yang teratur. Artinya, Anda selalu tidur di waktu yang sama setiap malam. Nah, kalau sudah konsisten dengan waktu tidur, biasanya pola yang sama akan terbentuk pada waktu bangun tidur Anda. Dengan begitu, masuk kantor di pagi hari bukan lagi masalah. Anda pun tak akan pernah lagi kesiangan atau terlambat ke kantor.

4. Olahraga

Aktivitas fisik punya dampak langsung terhadap kualitas tidur manusia. Orang yang rajin berolahraga setiap hari biasanya tidurnya lebih pulas. Alhasil, mereka punya kecenderungan yang lebih rendah untuk merasakan kantuk saat bekerja. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk berolahraga di sela-sela kesibukan bekerja.

Apabila perusahaan Anda menyediakan fasilitas olahraga di kantor, manfaatkanlah benefit tersebut semaksimal mungkin. Namun sekalipun tidak, Anda tak mesti pergi ke gym untuk berolahraga, apalagi jika pekerjaan Anda cukup menyita waktu luang. Sempatkan saja jogging beberapa menit sepulang kantor. Nanti pasti akan terasa manfaatnya.

5. Membuat ritual khusus

Setiap orang sukses biasanya punya ritual masing-masing yang dilakukan sebelum tidur. Paul Rivera, misalnya. Sebelum tidur, pendiri dan CEO perusahaan online job platform ini terlebih dulu minum segelas air putih. Lalu untuk membantunya terlelap, ia biasanya mendengarkan cerita-cerita sejarah melalui audio podcast.

Cobalah cari kegiatan yang paling pas untuk jadi ritual Anda sebelum tidur. Sebagai contoh, menikmati secangkir teh hijau yang kaya manfaat, lalu dilanjutkan dengan mendengarkan musik pengantar tidur. Yang pasti, hindarilah kebiasaan yang malah memperburuk pola tidur Anda, misalnya bermain game yang bikin Anda ketagihan hingga tengah malam.

Comments

comments