5 Keahlian yang Perlu Dimiliki Seorang Public Relations

public relations

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Profesi Public Relations atau sering disingkat “PR” kian digandrungi oleh para pencari kerja, termasuk fresh graduate, terutama yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu komunikasi. Banyak orang menilai PR sebagai sebuah profesi yang menjanjikan lantaran posisinya yang strategis di perusahaan. Peran PR sebagai jembatan antara perusahaan dengan masyarakat membuka lebar peluang bagi para praktisi PR untuk bertemu dengan banyak orang, termasuk dengan orang-orang penting di dunia kerja.

Anda mungkin salah satu yang tertarik untuk menekuni profesi sebagai Public Relations. Nah, sebelum memutuskan untuk berkarier di bidang ini, ketahui dulu beberapa keahlian yang harus Anda miliki:

  1. Komunikasi interpersonal

Kedudukan seorang PR yang berada di garda terdepan sebuah perusahaan membuatnya wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terutama dalam hubungan interpersonal atau antarpribadi. Karena tanggung jawab utama seorang PR adalah membentuk dan menjaga citra positif perusahaan, maka yang dibutuhkan darinya bukan hanya sekadar kemampuan berkomunikasi seperti dalam kehidupan sehari-hari. Perusahaan membutuhkan sosok PR yang juga mengetahui cara untuk melakukan lobi dan negosiasi.

  1. Kemampuan menulis

Yang termasuk sebagai tugas seorang PR adalah mengelola informasi dari internal perusahaan kepada masyarakat. Bentuk informasi yang disampaikan tak hanya bersifat lisan, tapi juga tulisan. Oleh karena itu, kemampuan menulis mutlak dimiliki oleh seorang PR.

Kemampuan menulis ini, misalnya, diperlukan untuk menyusun siaran pers (press release) untuk disebarkan kepada media. Siaran pers tentunya harus dibuat dengan gaya tulisan yang baik, sudut pandang yang cerdas dan tak hanya bersifat mempromosikan perusahaan—sesuai dengan citra positif perusahaan yang ingin ditunjukkan kepada masyarakat melalui media. Selain menyusun siaran pers, kemampuan menulis seorang PR juga dibutuhkan untuk berbagai hal lain, seperti membuat proposal atau materi-materi konten lainnya.

  1. Manajemen media sosial

Demi mengikuti perkembangan zaman, seorang PR wajib mengetahui bagaimana cara mengelola media sosial dengan baik. Mau tak mau hal ini harus dilakukan, mengingat citra perusahaan juga tercermin dari aktivitasnya di media sosial. Mulai dari memastikan agar strategi publikasi perusahaan sukses menarik perhatian masyarakat secara positif, hingga menjaga agar informasi yang disampaikan tidak menimbulkan masalah—itu pun menjadi tanggung jawab PR. Bayangkan saja, kesalahan sekecil apapun bisa berakibat fatal dan mencoreng citra lho. Tentu saja tak ada perusahaan yang ingin hal itu terjadi.

  1. Kemampuan riset

Salah satu kegunaan riset dalam pekerjaan PR adalah untuk mendukung informasi dalam bentuk siaran pers yang akan disebarkan kepada media. Kemampuan riset yang dimiliki oleh PR akan membantunya dalam menyusun pesan yang tepat sasaran, yang tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tapi juga menguntungkan perusahaan. Oleh karena itu, setiap publikasi yang dilakukan oleh PR harus didasari pada riset yang mendalam. Selain untuk persiapan publikasi, riset juga perlu dilakukan seorang PR untuk mengevaluasi berbagai kegiatan yang telah dilakukan perusahaan. Salah satunya melalui pengawasan media atau media monitoring.

  1. Manajemen Konflik

Setiap perusahaan memiliki risiko untuk menghadapi konflik, baik itu konflik dari dalam maupun luar perusahaan. Mengingat seorang PR berwenang untuk mengambil keputusan terkait citra perusahaan di mata publik, maka ia pun harus sigap mencari solusi setiap kali ada masalah yang muncul. Ketika memecahkan masalah, mereka pun harus menjaga pikiran dan emosinya agar tetap stabil. Tentu saja ini bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sosok PR yang memiliki kemampuan manajemen konflik yang baik untuk memastikan reputasi perusahaan tetap terjaga.

Setelah membaca poin-poin di atas, Anda tentu sadar bahwa PR bukan merupakan profesi yang layak dipandang enteng. Masih tertarik untuk berkarier sebagai PR? Cari tahu perusahaan apa saja yang sedang membuka kesempatan untuk Anda yang ingin berkarier sebagai PR, di Jobplanet.

 

Comments

comments