5 Bidang Profesi Terbaik untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

Ketika mendengar nama jurusan Ilmu Komunikasi, banyak orang yang bertanya, “Apakah jurusan ini sama seperti Teknik Informatika atau Sistem Informasi?” Padahal ketiganya jelas berbeda. Bukan cuma itu, banyak pula yang mengira bahwa lulusan Ilmu Komunikasi hanya pandai berkata-kata. Bahkan, ada juga yang menyepelekan jurusan ini karena dianggap tidak memiliki prospek karier yang jelas.

Padahal, kenyataannya tidak begitu. Perlu diketahui, Ilmu Komunikasi termasuk salah satu program studi yang telah lama berdiri. Seiring perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan di era digital, kesempatan karier yang terbuka bagi para lulusan Ilmu Komunikasi pun semakin luas. Keberadaan mereka pun sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri.

Nah, kali ini Jobplanet akan membagikan informasi tentang beberapa bidang profesi yang bisa dilirik oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Simak ulasannya berikut ini:

  1. Public Relations (PR)

Oleh sebagian orang, pekerja PR kerap disamakan dengan juru bicara perusahaan. Padahal, sebenarnya menjadi juru bicara hanyalah bagian kecil dari peran seorang PR. Tugas utama PR adalah membentuk, mengelola, serta menjaga citra sebuah perusahaan, termasuk memperbaiki citra perusahaan pada saat perusahaan sedang mengalami krisis. Selain itu, masih banyak peran PR lainnya yang sangat penting bagi perusahaan atau instansi, sehingga biasanya profesi ini ditempatkan pada level top management, di mana area kerjanya mencakup urusan internal maupun eksternal perusahaan.

  1. Jurnalistik

Bagi Anda yang suka menulis dan punya rasa penasaran tinggi, jurnalis bisa menjadi pilihan profesi yang tepat untuk Anda. Namun, ketika sudah menjadi seorang jurnalis, Anda tak bisa sembarangan dalam menulis. Ada kode etik jurnalistik yang harus Anda junjung tinggi. Selain dituntut untuk peka dan kritis dalam menanggapi isu-isu di lingkungan sekitar, Anda pun harus menulis informasi yang benar dan berimbang. Jangan lupa bahwa tulisan Anda akan dibaca oleh masyarakat luas dan Anda memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengedukasi masyarakat.

  1. Advertising

Salah satu tanggung jawab pekerja di bidang yang satu adalah menghasilkan karya-karya iklan yang sering Anda lihat di televisi, koran, ataupun media-media lainnya. Meski terlihat sederhana, tapi para praktisi di industri periklanan harus mampu membuat sebuah pesan yang menyentuh masyarakat, dan itu belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang.  Tentunya kreatifitas menjadi hal yang mutlak dan harus dimiliki oleh pekerja advertising.

  1. Marketing

Marketing (pemasaran) merupakan ujung tombak setiap perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan pasti membutuhkan tim marketing yang andal. Itulah mengapa profesi di bidang ini menjadi salah satu yang paling diminati oleh pencari kerja. Selain harus kreatif dalam membuat ide-ide promosi, pekerja marketing juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam melakukan riset pasar. Riset pasar ini berguna untuk menyusun strategi komunikasi perusahaan, sehingga target yang diharapkan dapat tercapai.

  1. Broadcasting

Ada beberapa profesi di bidang broadcasting (penyiaran) yang menarik untuk lulusan Ilmu Komunikasi. Di antaranya, penyiar radio, pembuat skrip film, penyiar televisi, kameramen, serta produser acara televisi. Menekuni profesi ini, Anda dapat mengaplikasikan berbagai ilmu yang Anda pelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi, termasuk teknik komunikasi, teknik kamera, hingga audio visual. Seiring dengan perkembangan teknologi serta tingginya kebutuhan masyarakat akan informasi dan hiburan, profesi di bidang broadcasting ini pun kian banyak dicari.

Nah, ternyata peluang karier bagi lulusan Ilmu Komunikasi begitu banyak, bukan? Mereka jelas tak bisa diremehkan karena keberadaan mereka sangat vital bagi perusahaan. Tak heran jika lowongan kerja untuk para lulusan Ilmu Komunikasi pun selalu ada.

Jika Anda jadi penasaran seperti apa peluang karier di bidang-bidang komunikasi di berbagai perusahaan, Anda bisa melihat informasi lengkapnya di sini.

Comments

comments