5 Karakter yang Wajib Dimiliki Seorang Akuntan

5 Karakter yang Wajib Dimiliki Seorang Akuntan

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Jika Anda ingin atau sedang bergelut di bidang akuntansi, entah sebagai Financial Planner, Financial Consultant, maupun Auditor; Anda perlu memiliki karakter-karakter tertentu. Karakter-karakter inilah yang akan membantu Anda dalam perjalanan karier sebagai seorang akuntan.

Nah, apa saja karakter yang wajib dimiliki seorang akuntan? Berikut lima di antaranya:

  1. Jujur

Kejujuran dituntut oleh setiap profesi, terutama dan tak terkecuali akuntan. Bahkan, kejujuran dapat dikatakan sebagai syarat utama seorang akuntan. Kejujuran seorang akuntan sangat diperlukan untuk mewujudkan laporan keuangan yang bisa dipercaya. Jika Anda adalah pemilik suatu perusahaan, tentunya Anda tak ingin memiliki karyawan yang tak jujur, bukan? Apalagi jika orang tersebut bertanggung jawab untuk mengolah data dan menyusun laporan keuangan perusahaan.

  1. Teliti

Dunia akuntansi sangat erat dengan angka-angka. Oleh karena itu, seorang akuntan dituntut untuk memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Syarat tersebut mutlak demi terciptanya laporan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika ada kesalahan dalam perhitungan, tentunya kelangsungan hidup perusahaan yang akan jadi taruhannya.

  1. Skeptis

Skeptis merupakan salah satu karakter penting yang wajib dimiliki seorang akuntan. Skeptis di dunia akuntansi bukanlah karakter yang negatif. Seorang akuntan yang andal biasanya tidak mudah menerima dan memercayai data yang diberikan oleh orang lain. Sebelum mengolah data yang diterimanya, ia perlu mencari tahu tentang kebenaran data tersebut. Hal ini penting agar laporan keuangan yang dibuatnya adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan untuk kebutuhan auditing dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

  1. Logis

Dunia akuntansi bukan hanya menuntut keakuratan data dan ketepatan perhitungan debit dan kredit. Para akuntan pun dituntut untuk cerdas dalam hal logika—tak hanya sekadar menggunakan asumsi-asumsi dan prinsip akuntansi. Pasalnya, laporan yang disusun oleh mereka akan menjadi acuan perusahaan dalam mengambil keputusan terbaik.

  1. Disiplin

Seorang karyawan tentu dituntut untuk disiplin dan taat pada peraturan perusahaan. Namun, bagi seorang akuntan, mereka tidak hanya perlu disiplin dengan peraturan perusahaan, tapi juga patuh dengan aturan pemerintah, kode etik pelaporan keuangan, serta prinsip-prinsip akuntansi. Selain itu, pelaporan keuangan yang dilakukan juga harus tepat waktu untuk menjaga relevansi. Oleh karena itu, butuh kedisiplinan yang tinggi untuk menjadi seorang akuntan yang andal.

Apabila kelima karakter di atas sudah Anda miliki, maka Anda sudah memiliki modal untuk sukses berkarier di bidang akuntansi. Jika Anda tertarik untuk berkarier sebagai akuntan, coba telusuri informasi dan review perusahaan di Jobplanet. Siapa tahu perusahaan impian Anda sedang mencari kandidat seperti Anda?

Comments

comments