Pekerjaan Apakah yang Sesuai dengan Karakter Anda?

karakterSiapa sangka karakter bisa menentukan kesuksesan karier seseorang? Begitulah kenyataannya. Karakter manusia terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan, yang kemudian melekat pada diri orang yang bersangkutan dan sering kali tidak disadarinya. Itulah mengapa, selanjutnya karakter ini dapat berpengaruh terhadap kehidupan pribadi serta karier seseorang.

Sebagian besar perusahaan memetakan karakter berdasarkan perbedaannya, yakni Dominance, Influence, Steadiness, dan Complience atau disingkat DISC. Pemetaan karakter ini berguna bagi perusahaan dalam menempatkan karyawan ke posisi yang tepat.

Nah, penasaran apa sebenarnya karakter Anda, dan apa pekerjaan yang cocok dengan karakter tersebut? Berikut ulasannya:

1. Dominance

Karakter ini memiliki sifat tegas dan ego yang cukup tinggi. Pekerjaan yang cocok untuk orang-orang dengan karakter Dominance adalah menjadi leader atau pemimpin tim.  Dominance senang mengambil peran penting, mengendalikan lingkungan, dan menggerakkan orang-orang di sekitarnya. Meskipun gaya kepemimpinannya cenderung otoriter, namun kemampuannya dalam memimpin tidak perlu diragukan lagi, karena mereka berani mengambil risiko dan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah.

Jika Anda memiliki karakter seperti ini, sebaiknya Anda mengawali karier Anda dengan mengikuti program Management Trainee (MT), karena program tersebut akan mengarahkan Anda untuk menjadi manager atau leader di suatu perusahaan. Selain itu, peserta program MT juga dituntut untuk fokus pada hasil, dan ini sesuai dengan karakter Dominance.

2. Influence

Extrovert, suka bergaul dengan orang lain, dan senang berada di lingkaran pertemanan yang luas, merupakan ciri-ciri utama dari karakter ini. Selain memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, influencer memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan kemampuan untuk meyakinkan dan memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu. Pekerjaan yang cocok untuk karakter ini adalah di bidang marketing, sales, sebagai motivator, presenter, atau negosiator.

3. Steadiness

Orang-orang dengan karakter ini memiliki sifat pendiam atau introvert sehingga sulit untuk beradaptasi dengan perubahan atau lingkungan baru. Meski begitu, orang dengan karakter Steadiness memiliki kesabaran dan loyalitas yang tinggi. Ia akan bekerja secara optimal dalam situasi yang tenang. Karakter ini cocok dengan pekerjaan di posisi aman dan tidak banyak tuntutan atau target. Contohnya, pekerjaan di bidang Administrasi.

Jika Anda memiliki karakter Steadiness dan tertarik untuk berkarier di bidang Administrasi, Anda bisa melihat berapa range gaji yang ditawarkan perusahaan-perusahaan untuk karyawan bidang tersebut di sini.

4. Complience

Orang yang memiliki karakter ini cenderung perfeksionis dan sangat teliti. Karakter ini memiliki kemampuan analisa yang kuat serta pemikiran yang kritis. Karena itu, karakter ini cocok untuk bekerja di bagian keuangan atau sebagai auditor.

Bagaimana? Sudah menemukan karakter Anda? Kini Anda bisa mulai mencari tahu perusahaan apa saja yang menawarkan pekerjaan yang yang sesuai dengan karakter tersebut. Anda juga bisa sekaligus mengetahui range gaji yang ditawarkan, dengan melihatnya di sini. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dalam mencari pekerjaan terbaik. (chk/wid)

Comments

comments