5 Hal yang Dapat Merusak Mood Karyawan di Kantor

5 Hal yang Dapat Merusak Mood Karyawan di Kantor

Mood alias suasana hati merupakan salah satu faktor yang menentukan performa seseorang. Kinerja seorang karyawan berprestasi pun bisa ikut menurun apabila mood-nya sedang terganggu. Meski tidak diharapkan, terkadang ada saja hal-hal di sekitar kita yang kerap merusak mood.

Berikut beberapa hal yang bisa merusak mood karyawan di kantor:

1. Datang terlambat

Sebagai salah satu masalah terbesar di Ibu Kota, kemacetan hampir selalu membuat masyarakat stres. Meski sudah memilih naik transportasi publik, tetap saja lamanya waktu yang ditempuh untuk tiba di kantor mengubah suasana hati yang tadinya baik-baik saja, menjadi kacau. Belum lagi kalau teringat aturan perusahaan yang mengancam.

Tidak cukup dibuat stres oleh kemacetan di perjalanan, Anda masih harus berlari-larian di area kantor karena tak ingin gaji atau hak cuti Anda dipotong karena datang terlambat. Alhasil, Anda pun tiba di ruangan dalam kondisi kelelahan dan dengan mood yang buruk.

2. Gaji belum cair

Siapa yang tak antusias menyambut datangnya tanggal gajian? Apa lagi jika beberapa waktu sebelumnya Anda tak berhenti uring-uringan lantaran isi dompet yang sudah kering. Namun, bagaimana jika pada hari yang ditunggu-tunggu tidak ada perubahan dalam rekening Anda? Anda mungkin langsung khawatir kalau gaji kali ini terlambat cair.

Biasanya Anda dan rekan-rekan di kantor akan saling bertanya untuk memastikan apakah di antara kalian ada yang sudah menerima gajinya. Seisi kantor pun sibuk memikirkan hal tersebut sampai kehilangan mood untuk bekerja. Padahal, mungkin sebenarnya Anda hanya perlu bersabar sedikit sebelum akhirnya gaji tersebut cair.

 3. Laptop gangguan

Pernahkah Anda mengalami ketika sedang sibuk mengejar deadline, tiba-tiba komputer atau laptop yang Anda gunakan bermasalah? Bisa mendadak mati, tersendat, atau programnya terulang dengan sendirinya. Yang lebih buruk lagi, dokumen-dokumen penting pun bisa ikut hilang! Jelas saja siapapun yang mengalaminya pasti jengkel.

Masalah teknis memang selalu sukses merusak mood karyawan di kantor. Bagaimana tidak? Urusan pekerjaan jadi berantakan akibat virus komputer, gangguan sistem operasi, atau berbagai penyebab lain yang kadang tidak terdeteksi. Nah, saat-saat seperti inilah yang sering bikin karyawan menyesal tidak memiliki salinan data.

 4. Koneksi Internet lambat

Kehidupan manusia saat ini sudah sangat bergantung pada ketersediaan Internet. Kalau Anda perhatikan, kini semakin banyak tempat umum yang terhubung dengan jaringan WiFi. Di dunia kerja pun, perusahaan-perusahaan begitu mengandalkan koneksi Internet untuk memudahkan komunikasi, dan melancarkan kegiatan operasionalnya.

Sama halnya dengan gangguan pada perangkat komputer, Internet yang lambat pun merupakan salah satu hal yang sering merusak mood karyawan. Pasalnya, ada banyak sekali jenis pekerjaan yang hanya bisa dijalankan dengan koneksi Internet.

 5. Bertemu rekan kerja beraura negatif

Ketika seseorang mempunyai sifat bawaan yang negatif, terkadang apapun yang ia lakukan begitu mudahnya memengaruhi lingkungan sekitar. Bos yang galak, serta rekan kerja pengganggu yang Anda jumpai saat baru tiba di kantor pun bisa mengubah suasana hati Anda di pagi hari.

Mereka mungkin sebenarnya tidak punya niat untuk merusak mood Anda. Namun, pengalaman tak menyenangkan terdahulu yang mungkin jadi penyebabnya. Kalau sudah begini, maka Anda lah yang harus bisa bersikap dewasa.

Sebagai seorang profesional, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk mengendalikan emosi dan perasaan agar tidak mengganggu pekerjaan. Sekalipun apa yang terjadi terkadang berada di luar kendali, namun Anda bisa memilih, apakah ingin membiarkannya merusak profesionalitas Anda atau tidak.

Comments

comments